PPP Bakal Jagokan Figur Ini di Pilgub Jatim

Wakil Ketua DPW PPP, Norhadi (kanan)
Advertisement

Sumenep, (Media Madura) – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memang belum menentukan siapa figur yang akan diusung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang. 

Tetapi, PPP sudah mengantongi nama-nama figur yang kemungkinan besar akan direkom menjadi Cagub atau Cawagub pada kontestasi Pligub Jatim mendatang.

Wakil Ketua DPW PPP Jawa Timur, Norhadi menyampaikan, saat ini ada tiga nama yang sudah mengajukan diri menjadi kandidat figur yang yang akan diusung partai berlambang Kakbah itu.

Ketiga figur tersebut adalah, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Syafiin (Gus Syaf), keduanya mendaftar melalui DPW PPP Jawa Timur dan Khofifah Indar Parawansa yang mendaftar lewat DPP PPP.

“Jadi, untuk saat ini tiga nama tersebut yang akan digodok di Rapimwil bersama DPC. Hasilnya akan direkomendasikan ke DPP, untuk kemudian diputuskan, jadi DPW hanya mengusulkan saja, DPP lah yang berwenang memutuskan,” tegasnya.

Ia menjelaskan, partainya tidak akan sembarangan dalam menentukan pilihan. Oleh sebab itu, figur yang akan diusung nanti paling tidak memiliki tiga modal utama.

Yang pertama, harus memiliki modal sosial atau yang bersangkutan harus memiliki jaringan yang luas, dan modal sosial itu bermanfaat untuk PPP. Bukan hanya digunakan untuk dirinya sendiri.

Kedua, figur tersebut harus memiliki modal politik. Karena, PPP tidak mungkin mengusung figur yang tidak memiliki modal politik, penyebabnya di Jawa Timur PPP hanya memiliki lima kursi. 

“Dan yang Ketiga, tidak kami pungkiri, yang bersangkutan harus memiliki modal finansial.Jawa Timur memiliki 30 juta penduduk, semuanya butuh modal, termasuk menggerakkan media,” kelakarnya.

Norhadi tidak berani memastikan kapan Rapimwil PPP itu akan dilaksanakan. Namun ia memperkirakan akan digelar pada akhir bulan ini, atau jika meleset pada awal Desember mendatang.

“Intinya, proses menentukan jagoan ini masih sangat panjang, karena setelah hasil Rapimwil digelar, lalu disampaikan ke DPP, kita masih punya satu pertimbangan lagi, yaitu hasil survei. Kita tunggu saja hasilnya,” pungkas Norhadi.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.