Pemkab Sampang Usulkan UMK Rp 1,6 Juta

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskop UMTK) telah mengajukan besaran upah minimum kabupaten (UMK) ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 1.630.000. Jumlah itu naik sebesar Rp 100 ribu dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kita usulkan Rp 1,6 juta untuk UMK Sampang tahun 2018, tahun ini Rp 1,5 juta, berarti naik Rp 100 ribu,” kata Kabid Tenaga Kerja Diskop UMTK Kabupaten Sampang Bisrul Hafi, Senin (20/11/2017).

Bisrul mengatakan, pengusulan tersebut dilakukannya sebelum 10 November kemarin bersama sembilan kabupaten se-Jawa Timur di Pemprov Jatim. Usulan itu berdasarkan kajian dan pertimbangan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sampang.

Sementara disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Sampang Amin Arif Tirtana. Ia meminta agar memberi teguran kepada perusahaan di Sampang yang belum memberlakukan gaji UMK. Termasuk dengan memberikan sanksi berat. Sebab, ketentuan tersebut menjadi pembahasan bersama serta bukan dasar sepihak oleh pemerintah daerah.

“Meski sebagian besar di Sampang masih belum memberlakukan kewajiban membayar UMK karena masih belum ada perusahaan yang berjalan cukup bagus, tapi dinas sendiri tetap harus ditegur,” tutupnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.