Pamekasan – Kesehatan merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia, kesehatan menjadi faktor utama dalam terlaksananya semua kegiatan manusia, sehingga begitu pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan.

Menyikapi hal tersebut, bertempat d Aula Makodim 0826/Pamekasan telah melaksanakan penyuluhan kesehatan hipertensi ( Darah Tinggi ) kepada anggota TNI dan ASN Kodim 0826/Pamekasan oleh Poskes 05.10.19 Pamekasan.

Penyuluhan dilaksanakan oleh Tim Poskes 05.10.19 Pamekasan dengan nara sumber dr. H. Iwan Nurhusen MM diikuti oleh 135 orang anggota TNI dan ASN Kodim 0826/Pamekasan

Sebelum kegiatan penyuluhan dimulai Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto menyampaikan sambutannya, mengatakan bahwa tujuan kegiatan penyuluhan kesehatan ini untuk mencapai tujuan hidup sehat dengan cara mempengaruhi prilaku setiap anggota dengan cara penyampaian pesan sehingga harapannya dengan adanya penyuluhan kesehatan dapat membuat seluruh anggota lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat.

“Kita semua harus bisa menjaga kesehatan terlebih sekarang cuaca sudah memasuki musim penghujan dan tidak bisa diprediksi setiap saat bisa berubah oleh karena itu agar bisa menjaga kebersihan dilingkungan sekitar tempat tinggal,” jelasnya

Sementara itu dr. H. Iwan Nurhusen MM ( Dokter Poskes 05.10.19 Pamekasan ), dalam pembekalannya menyampaikan bahwa sangat penting bagi seluruh anggota untuk dapat mengenal dan memahami apa itu Hipertensi dan bagaimana mengatasinya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas, satu-satunya cara mengetahuinya adalah dengan mengukur tekanan darah.

Masalah Darah tinggi apabila anggota ingin memeriksakan tekanan darah agar mendatangi Poskes Pamekasan, jadi tidak perlu menunggu sakit, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Adapun langkah untuk pencegahannya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam dan kafein, berhenti merokok, berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan, jika diperlukan dan mengurangi konsumsi minuman keras.

Perbedaan tekanan darah tinggi dan darah rendah pada hakekatnya tekanan darah tidak normal dan bisa membuat stroke karena asupan makanan tidak cukup sehingga tidak sampai di otak.

Kebiasaan menkonsumsi makanan yang berpengaruh pada darah tinggi yaitu salah satunya garam dapur yang biasanya dicampur dimakanan sehingga menjadi asin.

Merokok menyebabkan meningkatnya tekanan darah karena nikotin akan diserap pembuluh darah kecil dalam paru-paru dan diedarkan oleh pembuluh darah hingga ke otak.

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatan, karena itu pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin. Jika didiamkan terlalu lama, hipertensi bisa memicu terjadinya komplikasi, seperti Stroke, Infark miokard, Gagal ginjal, Gagal jantung bahkan bisa mengancam jiwa penderitanya.

Diharapkan dengan penyuluhan ini para prajurit dan ASN Kodim 0826/Pamekasan dapat ikut memberikan penjelasan tentang bahaya penyakit ini kepada masyarakat umum dilingkungan tempat tinggal dan kerjanya.

Rilis

Tinggalkan Balasan