Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sampang menemukan puluhan nama ganda pada keanggotaan partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 mendatang. Temuan itu setelah KPU melakukan pencocokan kartu tanda anggota yang diserahkan masing-masing pengurus parpol dengan KTP elektronik dan di sistem informasi partai politik (Sipol).

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sampang Syamsul Arifin, mengungkapkan data ganda itu ada satu nama yang tedaftar lebih dari satu parpol. Selain menemukan data nama ganda ke anggotaan Parpol, juga ditemukan anggota yang tidak memenuhi syarat karena berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI, Polri dan ada juga yang masih berusia di bawah 17 tahun.

Temuan itu terjadi pada hampir seluruh parpol. Namun pihaknya belum menghitung secara total karena penelitian administrasi ini masih berlangsung sampai 15 November 2017.

“Saat penyerahan berkas pendaftaran dengan total 16 parpol peserta pemilu 2019, temuan itu hampir seluruh partai politik ditemukan data ganda,” Senin (13/11/2017).

Syamsul menambahkan, setelah dilakukan penelitian administrasi, selanjutnya KPU akan memberikan kesempatan terhadap parpol untuk melakukan perbaikan terkait temuan data ganda tersebut.

“Parpol yang datanya bermasalah masih bisa diperbaiki, kemudian diserahkan lagi kepada kami,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan