Pamekasan – Komando Distrik Militer 0826 Pamekasan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember Tahun 2017 yang dipimpin oleh Danramil 0826/03 Proppo Kapten Inf Sumarhadi bertempat di lapangan upacara Makodim setempat. Jumat (10/11/17) pagi.

Upacara diikuti oleh seluruh anggota prajurit dan ASN jajaran Kodim 0826/Pamekasan, dengan mengambil “Perkokoh Persatuan dan Membangun Negeri”.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Danramil 0826/03 Proppo Kapten Inf Sumarhadi, peringatan Hari Pahlawan ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 Nopember 1945” di Surabaya. Disebutkan pula, berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyalanya api “Harapan” yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan.

“Keberanian itu dapat digerakkan oleh sebuah modal tak ternilai dan tidak kasat mata, modal itu adalah adanya sebuah harapan, sebuah harapan yang menimbulkan optimisme dalam hidup, sebuah harapan yang membuka segenap potensi, kita punya vitalitas dan daya hidup kemanusiaan untuk membuka terang kehidupan di masa depan,” ungkap Mensos Khofifah yang dikutip Kapten Inf Sumarhadi.

Bangsa yang besar, lanjut Sumarhadi, adalah bangsa yang bisa menghormati pengorbanan para pahlawanya. Dalam semangat cinta tanah air, diawali dengan sumpah pemuda demi membagun Indonesia. Para pejuang pahlawan tidak mengenal perbedaan dan mengedepankan kebersamaan demi tegaknya Negara Rebuplik Indonesia.

Di akhir amanatnya, Mensos Khofifah juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Rilis

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.