Kegiatan galian proyek di Jalan Trunojoyo Kota Sampang berimbas ke pipa saluran air milik warga, Kamis (26/10/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Saluran air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sampang macet akibat pengerjaan proyek Box Culvert di Jalan Trunojoyo Kota Sampang.

Hal itu membuat sejumlah pelanggan PDAM melakukan protes kepada pihak pelaksana proyek. Mereka kesal lantaran galian proyek berimbas ke pipa saluran air.

“Suplai air ke saluran rumah kami macet karena proyek ini, kok sampai merusak pipa saluran air, kalau seperti ini jelas merugikan pelanggan,” kata Sally warga Kelurahan Rongtengah Kota Sampang, Kamis (26/20/2017).

Menurut Sally, macetnya saluran air sudah dua hari. Namun tanpa ada tanggungjawab dari pihak pelaksana proyek. Kerusakan itu bukan sekali dirasakan warga melainkan sudah kedua kalinya.

Warga mengancam akan melakukan aksi protes dengan ratusan massa dari dua kelurahan yang terdampak akibat saluran air macet. Mengingat, kecerobohan pelaksana proyek serta pihak PDAM yang tidak memperhatikan kondisi masyarakat.

“Bukan kami tidak setuju ada perbaikan gorong-gorong karena nantinya juga akan bermanfaat juga kepada masyarakat. Tapi harus dilakukan secara profesional, baik dari perencanaan maupun pengawasannya agar tidak merugikan masyarakat. Makanya kalau tidak segera diperbaiki hari, maka masyarakat akan melakukan aksi,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Pengawas lapangan proyek galian pipa yang namanya enggan dipublikasikan mengaku bahwa kebocoran pipa akibat pengerjaan tersebut terjadi di tiga titik. Bahkan pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak PDAM, namun belum ditindak lanjuti.

“Kami janji akan sampaikan kembali keluhan warga kepada PDAM agar segera diperbaiki karena bagian tekhnis pipa di pasrahkan ke PDAM,” tuturnya.

Sementara Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Sampang Moh Yazid menyatakan faktor macetnya saluran air PDAM karena ada pergantian dan penambahan pipa yang sudah keropos.

“Hari ini akan diperbaiki mas,” singkatnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.