Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menutup pendaftaran partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu Tahun 2019 pada 16 Oktober 2017 kemarin. Kemudian dilakukan perpanjangan waktu hingga Selasa (17/10/2017).

Di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terdapat 19 Parpol yang menyerahkan dokumen salinan bukti keanggotaan kepada KPU setempat. Parpol tersebut adalah Partai Perindo, Partai Berkarya, PSI, dan Partai Nasdem.

Lalu PKS, Partai Garuda, PDI Perjuangan, Demokrat, PAN, Golkar, PPP, Gerindra, PKB, Partai PK, Partai Rakyat, Hanura, PBB, PKPI dan Partai Idaman.

Kata Komisioner KPU Sumenep, Ach Zubaidi, Partai Idaman menjadi partai yang terakhir menyerahkan bukti keanggotaan. Namun, partai besutan Raja Dangdut Rhoma Irama itu berkasnya dikembalikan lantaran tidak lengkap.

“Penyerahan berkas sudah kami tutup kemarin malam pukul 24.00 WIB. KPU tidak bisa menerima lagi. Saat ini kami nyatakan sudah fiks semua,” ungkapnya.

Bagi parpol yang sudah melengkapi berkas, tahapan berikutnya KPU akan melakukan verifikasi untuk memvalidasi data. Itu untuk menghindari adanya data ganda, baik ganda di internal atau kksternal Parpol.

“Selanjutnya, penelitian berkas itu akan dimulai pada 17 Oktober-15 November mendatang. Sedangkan hasil penelitian akan diumumkan pada 16-17 November,” paparnya.

Jika ada yang salah dari data tersebut, KPU masih memberikan kesempatan bagi Parpol untuk memperbaiki. Setelah itu, KPU juga akan melakukan verifikasi lagi yang berkaitan dengan struktur kepengurusan, domisili dan kantor setiap parpol. 

“Jadi, tahapannya masih sangat panjang, yang lolos verifikasi masih akan menjalani proses-proses lainnya,” terangnya. 

Reporter : Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.