Peringatan HSN 2017, Bakal Ada Long March Sarungan di Sampang

Kegiatan Hari Santri Nasional di Sampang akan menggelar jalan-jalan ala sarung, (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar halaqah pesantren dalam memperingati Hari Santri Nasional di gedung PKPRI Jalan Rajawali Kota Sampang, Selasa (17/20/2017) siang pukul 11.30 WIB.

Dalam acara bertemakan ‘Santri Mandiri, NKRI Hebat’ itu dibuka langsung Bupati Sampang Fadhilah Budiono dan dihadiri ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Sampang. Termasuk Wakil Rais Aam PWNU Jatim KH Marzuki Mustawar dan Sekretaris LPNU Jatim H Arifin Hamid, juga hadir sebagai nara sumber.

Ketua Panitia HSN 2017 Mas’udi Cholili, mengatakan peringatan HSN 2017 di Sampang akan menggelar jalan-jalan ala sarungan yang akan diikuti sebanyak 4 ribu santri se-Kabupaten Sampang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 20 Oktober 2017 mendatang di alun-alun Wijaya Kusuma Sampang.

“Nanti start di lapangan Wijaya mulai pukul 06.00 WIB -11.00 WIB,” kata Mas’udi, Selasa (17/10/2017).

Mas’udi menjelaskan, jalan-jalan ala sarungan berpakaian putih ini mengutamakan keterlibatan para santri. Sumber dananya pun murni bukan perpolitikan. Tak hanya itu, lanjut Mas’udi, kegiatan tersebut menggelar doa bersama serta apel HSN di Pendopo Bupati.

Sekjen PCNU Sampang Mahrus Zamroni, menambahkan maksud dari tema peringatan HSN yakni Mandiri, yaitu mandiri secara sisi ideologi maupun ekonomi. Sebab selama ini para kiai dan santri juga mempunyai kiprah dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdakaan Republik Indonesia.

“Kami merasa bertanggung jawab untuk menjaga dan mempertahankan ideologi Pancasila. Jadi kami juga berterimakasih kepada pemerintah yang telah menetapkan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober,” terang Mahrus.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.