Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang telah membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019. Masa pendaftaran tersebut dibuka mulai Selasa 3 Oktober sampai Senin 16 Oktober 2017 mendatang.

Sayangnya, pendaftaran parpol calon peserta pemilu itu kurang diminati bagi partai di Sampang. Sebab, hingga saat ini tak ada satu pun parpol belum mendaftarkan kepada KPU.

“Belum ada sampai saat ini, meski pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2019 telah dibuka dari pukul 08.00 – 16.00 WIB,” ucap Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Sampang Miftahur Rozaq, Kamis (5/10/2017).

Rozaq mengungkap, sejauh ini baru ada tiga parpol yang datang ke KPU Sampang sebatas konsultasi. Ketiga parpol itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selanjutnya, dua parpol yang terbilang baru yaitu Partai Garuda dan Partai Berkarya.  

Sebelumnya, lanjut Rozaq, KPU telah melakukan bimbingan teknis terhadap parpol yang ada di daerahnya mengenai tahapan pendaftaran.  

“Mereka hanya konsultasi mengenai pendaftaran parpol calon peserta pemilu itu,” jelasnya.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 bahwa parpol di tingkat kabupaten menyerahkan salinan kartu tanda anggota yang disertai dengan kartu tanda penduduk elektronik atau surat keterangan dari Dispendukcapil ke KPU Kabupaten setempat.

Dirinya menjelaskan, tahapan pelaksanaan lainnya yakni setelah parpol calon peserta pemilu 2019 menyerahkan dokumen, KPU tingkat kabupaten akan melakukan penelitian administrasi mulai 17 Oktober sampai 15 November 2017.

Kemudian, pada tanggal 16 sampai 17 November menyampaikan hasil penelitian administrasi untuk selanjutnya dilakukan perbaikan oleh parpol dari 18 November sampai 1 Desember.  

Selanjutnya, verifikasi faktual di tingkat kabupaten dijadwalkan 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018.  Sedangkan penetapan parpol peserta pemilu 2019 akan disampaikan 17 Februari 2018 oleh KPU pusat.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan