Hewan kurban kambing di Pasar Pahlawan Kota Sumenep

Sampang, (Media Madura) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang menyalurkan bantuan hewan ternak kambing kepada penderita penyakit kusta untuk menunjang perekonomian. Bantuan kambing diberikan kepada 28 warga penderita kusta terbagi di Kecamatan Sokobanah dan Kecamatan Sreseh.

“Bantuan hewan ternak kambing diberikan bagi penderita kusta,” ucap Kasi Pelayanan Rehabilitasi Penyandang Cacat dan Ekstrauma Dinsos Sampang Siti Durroh, Jumat (22/9/2017).

Durroh mengatakan, bantuan diberikan dalam menyalaraskan pelaksanaan program konseling dan pemberdayaan bagi penderita penyakit kusta. Mengingat, pada tahun 2016 penderita kusta sebanyak 552 orang. Jumlah itu meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya.

“Untuk tahun 2017 ini belum ada data baru dari tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Karena itu, belum mengetahui peningkatan atau penurunan data dari 2016,” katanya.

Selain itu, penanganan penderita kusta tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinsos. Melainkan juga menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan (dinkes). Sebab, yang paling dibutuhkan mereka adalah upaya pengobatan. Sedangkan, Dinsos fokus pada pemberdayaan sosial.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan