Sumenep, (Media Madura) – Sesuai instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kodim 0827 Sumenep dan jajaran Koramil akan melakukan pemutaran film G30 S/PKI secara serentak pada tanggal 30 September mendatang.

Menurut Pasiterdim 0827 Sumenep, Kapten Inf Suratman, pemutaran film tersebut sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui sejarah Indonesia di masa lalu. 

Salah satunya soal sejarah Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikemas dalam film Pengkhianatan G30S/PKI. Saat ini, Kodim beserta Koramil di Sumenep ini tengah menyiapkan sarana penanyangan film itu.‎

“Saat ini kita siapkan sarana prasarananya, seperti televisi, layar proyektor, computer/laptop, alat multi media, dan siapkan meja, kursi, tikar, tenda untuk kenyamanan penonton, ” jelasnya. 

Disamping itu, Kodim 0827/Sumenep juga akan mempersiapkan sound system yang memadai, sehingga penonton dapat mendengarkan dengan baik.

“Kita juga akan siapkan mic untuk memberikan sambutan,” sambungnya. 

Ia menambahkan, tujuan pemutaran itu sesuai intruksi atasannya, yakni untuk mengajak semua lapisan masyarakat menonton dengan kerjasama semua unsur di wilayah. 

Bahkan, pihaknua mengharapkan ada sosialisasi agar penonton lebih maksimal saat pemutaran film tersebut. 

“Intinya Kodim 0827 Sumenep dan Koramil Se Jajaran semuanya sudah menyiapkan lokasi dan peralatannya untuk nonton bareng Film PKI itu, sehingga pelaksanaanya nanti dapat berjalan lancar dan  sesuai dengan rencana,” pungkasnya.

Reporter : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan