Juru Bicara Desk Pilkada DPC Partai Demokrat Sampang Muhammad Saifuddin saat konfrensi press di kantornya Jalan Permata Selong Sampang, Minggu (3/8/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat segera menjaring bakal calon Bupati dan wakil Bupati Sampang yang akan maju di Pilkada 2018 mendatang.

Pendaftaran akan dibuka mulai besok hari Senin 4 September hingga Senin 11 September 2017, bertempat di kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur di Jalan Kertajaya Indah Nomor 82 Surabaya.

“Kita membuka pendaftaran pengambilan formulir dan pengembalian dilakukan di kantor DPD karena mengikuti sistem dan sesuai kesepakatan seluruh DPC se-Madura dalam Pilkada 2018,” kata Juru Bicara Desk Pilkada DPC Partai Demokrat Sampang Muhammad Saifuddin, Minggu (3/8/2017).

DPC Partai Demokrat berencana membuka pendaftaran bakal calon dalam pesta demokrasi Pilkada Sampang pada 15 Agustus 2017 kemarin. Namun, rencana itu sempat molor dari jadwal sebelumnya. Bahkan, dijadwakkan kembali pada Senin 21 Agustus 2017 hingga 31 Agustus 2017.

Saifuddin menuturkan, alasan molor karena adanya miskomunikasi antara DPC dengan DPD. Sehingga diputuskan membuka pendaftaran pada Senin 4 September 2017 besok.

Pengambilan formulir pendaftaran bisa diwakilkan dengan surat kuasa yang ditandatangani yang bersangkutan di atas materai Rp 6.000. Namun, saat pengembalian wajib hadir tanpa perwakilan.

Kata Saifuddin, setelah tahapan verifikasi berkas bagi seluruh kandidat yang melamar untuk memaparkan visi misi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sampang. Dalam penyampaian visi misi itu akan ada pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan moderator, dan melibatkan tim panelis.

Selanjutnya, bagi nama kandidat yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka akan dilakukan survei integritas terhadap masing-masing bakal calon. Tim survei itu melibatkan dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

“Setiap bakal calon diberi waktu 1 hari menyampaikan visi misinya, nantinya kita juga melakukan survei dari LSI yang dianggap kredibel untuk mengakomodir seluruh calon,” jelasnya.

Tak hanya itu, Saifuddin secara tegas menyampaikan jika selama ini tidak dibenarkan terkait isu bahwa partai yang dinakodai oleh Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, sudah merekom salah satu bakal calon dari kader yang akan maju di Pilkada Sampang. Sebab, pendaftaran ini dibuka secara umum baik kader maupun non kader. Apalagi, rekomendasi partai ditentukan setelah dilakukan survei dari lembaga nasional tersebut.

“Soal isu itu tidak benar sama sekali, hanya isu yang tidak ada faktanya, karena kami membuka pendaftaran secara umum dan peluang untuk kandidat yang benar-benar ingin memimpin Sampang,” tegasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan