Pamekasan, (Media Madura) – Tim Pengawasan dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial TW III tahun 2017 Pabandya Puanter Sterdam V Brawijaya Letkol Inf Gandu Widioputro melaksanakan Kunjungan Kerja di Kodim 0826 Pamekasan, Jumat (25/08/17).

Kegiatan Tim Pengawasan dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial TW III tahun 2017 oleh Pabandya Puanter Sterdam V Brawijaya di Kodim 0826 Pamekasan diawali dengan pengarahan kepada Para Perwira Staf dan Danramil di Ruang Data Makodim 0826 dan Pengarahan kepada Anggota Babinsa di Aula Makodim 0826, pengisian Ceklis serta pengecekan administrasi laporan di ruang stafter Kodim 0826 Pamekasan.

Dalam arahannya Pabandya Puanter Sterdam V Brawijaya Letkol Inf Gandu Widioputro menyampaikan bahwa Pengawasan dan Evaluasi Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter menjadi tugas Perwira Aparat Komando Kewilayahan dibantu Bintara Tinggi dalam upaya peningkatan kemampuan teritorial bagi anggota Babinsa. Pembinaan peningkatan kemampuan teritorial harus rutin dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan teritorial dan penguasaan wilayah bagi anggota Babinsa untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD

Kemampuan penguasaan wilayah anggota perlu ditingkatkan, babinsa harus mempunyai buku catatan tentang anatomi desa binaannya, dan harus dilatihkan serta senantiasa harus diasah, didorong, dimotivasi untuk melaksanakan puldata secara lengkap yang ada di desa binaannya.

Tujuan Pengawasan dan Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial adalah untuk memastikan para Babinsa benar-benar siap melaksanakan tugasnya dengan kemampuan pembinaan teritorial yang dimiliki untuk melaksanakan tugas pokok sebagai Aparat Komando Kewilayahan.

Sementara itu Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto mengatakan bahwa Pembinaan Teritorial merupakan fungsi utama TNI AD. Peningkatan kemampuan teritorial anggota Babinsa senatiasa harus ditingkatkan secara terus menerus baik dalam bidang Komsos, Bhakti TNI dan Wanmil guna menjawab berbagai tantangan tugas untuk mendukung Tugas Pokok TNI AD

Babinsa harus memiliki motivasi untuk terus belajar dan berkarya melakukan pembinaan teritorial di Wilayah Desa binaannya masing-masing sehingga apa yang dilakukan oleh Babinsa akan bisa memberikan manfaat yang besar bagi warga masyarakat.(*)

Tinggalkan Balasan