Pamekasan, 7/7 (Media Madura) – Empat pimpinan Partai Politik, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya ( Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN), memutuskan untuk membuat poros perubahan pada Pilkada Kabupaten Pamekasan tahun 2018 mendatang.

Masing-masing partai dalam poros politik baru ini bersepakat mengajukan kader terbaiknya untuk diusung pada Pilkada Kabupaten Pamekasan tahun 2018 mendatang.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Pamekasan, A Agus Sujarwadi menuturkan, dari empat nama yang diusulkan, nantinya akan dilakukan survey dan survey tertinggi akan menjadi perioritas calon bupati.

“Jadi tidak semuanya maju, nanti hanya akan mengerucut kepada dua nama,” kata Agus yang namanya masuk dalam bursa calon Bupati Pamekasan ini.

Selain itu, kata dia, keempat nama yang telah dilakulan survey itu akan disampaikan kepada ulama dan hasilnya akan menjadi pertimbangan penyusunan komposisi calon bupati-calon wakil bupati.

Seluruh partai dalam koalisi tersebut telah bersepakat untuk terus bersama-sama mengawal kesepakatan tersebut hingga Pilkada nanti.

Hal senada juga disampaikan ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Suli Faris, berdasarkan kesepakatan bersama, empat nama yang diusulkan oleh masing-masing partai merupakan kader terbaik berdasarkan keputusan internal partai masing-masing.

Tetapi, kata pria yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD Pamekasan ini, dalam politik, komposisi bukan hanya di calon bupati atau calon wakil bupati, tetapi juga di ruang-ruang lainnya.

“Tetapi terkait ini nanti kita bicarakan lebih lanjut, yang penting empat partai ini tetap solid dan kita akan menggelar pertemuan dalam beberapa hari kedepan untuk menyusun konsep pembangunan Pamekasan,” tuturnya.

Poros perubahan ini, kata Suli yang sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Pamekasan, diciptakan atas keinginan besar masyarakat yang menginginkan perubahan kekuatan politik baru.

“Kami juga melihat ada keinginan dari masyarakat untuk berubah, masyarakat menginginkan suasana baru, sehingga poros ini tercipta,” katanya kepada wartawan saat ditemui di kantornya. Selasa (12/07/2017) siang.

Seperti diketahui, koalisi poros perubahan ini merupakan koalisi besar, sebab mempunyai sebanyak 17 kursi dari 45 kursi di DPRD Pamekasan. Dengan rincian, PBB sebanyak 5 kursi, PAN 5 kursi, Golkar 4 kursi dan Gerindra 3 kursi.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan