Pamekasan, 8/7 (Media Madura) – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dijadwalka berangkat ke Tanah Suci Makkatul Mukarroma pada tanggal pada 16 Agustus 2017 mendatang.

Kepala seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Afandi mengatakan, pemberangkatan itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji.

“Jadwal pemberangkatan calon haji sesuai dengan jadwal yang telah kami terima dari panitia penyelenggara ibadah haji Kemenag Jatim,” katanya, Sabtu (8/7/2017).

Afandi menambahkan, kuota calon haji asal Kabupaten berslogan Kota Gerbang Salam pada tahun ini sebanyak 884 orang, dan dari kuota terdaftar itu yang dipastikan menunaikan ibadah haji sebanyak 876 orang.

“Ada delapan orang calon haji yang masuk dalam daftar yang hendak diberangkatkan tahun ini, akan tetapi gagal, karena hingga batas akhir pelunasan yang bersangkutan tidak bisa melunasi kekurangan biaya ibadah haji,” tambah Afandi.

Akan tetapi jelas Afandi, jumlah JCH yang bakal berangkat menunaikan rukun Islam nomor lima itu, nanti tetap sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan kantor wilayah Kemenag Jawa Timur.

“Yang delapan orang sudah dipenuhi, artinya kouta sesuai dengan ketentuan Kanwil,” tutupnya.

JCH asal Kabupaten Pamekasan tahun ini masuk terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 57, 58 dan kloter 59. Kloter 57 merupakan gabungan dari Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Sampang, sedangkan kloter 58 dan 59 utuh dari Kabupaten Pamekasan.

Masing-masing kloter nantinya akan dipandu oleh lima orang petugas perwakilan dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), satu orang dokter dan dua orang paramedis.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan