Sampang, 5/6 (Media Madura) – Sejumlah warung makan yang berada di kawasan terminal Kota Sampang, tak luput dari penyisiran Satpol PP setempat.

Kegiatan kali ini, petugas hanya memberikan imbauan terhadap pemilik warung makan yang sengaja buka di siang hari di bulan puasa. Selain itu, baliho yang diduga tak berizin ditertibkan sepanjang jalan protokol, Senin (5/6/2017) siang.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda dan Ketertiban Umum (PPKU) Dinas Satpol PP Sampang Chairijah, mengatakan pemberian imbauan kepada pemilik warung karena sebelumnya sudah menyebarkan surat edaran (SE).

Bahkan, saat ini terminal Sampang menjadi kewenangan provinsi sehingga petugas hanya berkoordinasi serta memberikan imbaun. Mengingat, warung makan di terminal disediakan bagi para musafir.

“Pemilik warung di terminal sudah diberi tahu, makanya tadi kita bersama petugas Dishub Provinsi memberikan himbuan karena itu kewenangannya bukan daerah. Selanjutnya kita akan melakukan penelusuran lagi terhadap warung makan,” ujarnya mewakili Plt Kepala Satpol PP Sampang Rudi Setiadhy, Senin.

Dirinya mengungkapkan penertiban baliho berdasarkan Perda nomor 7 tahun 2011 tentang perizinan tertentu dan Perbup nomor 60 tahun 2015 tentang paten pelaksana administrasi terpadu kecamatan.

“Nah kita juga menertibkan baliho bersama tim dari kecamatan dan BPKAD, targetnya untuk menurunkan baliho tidak berizin, rusak, melintang di jalan raya dan habis masa berlakunya,” kata Chairijah.

Hasil penyisiran itu, petugas mengamankan 4 buah baliho, 10 buah spanduk, 4 buah banner. Penertiban dilakukan dari Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan KH. Wahid Hasyim, Jalan Trunojoyo, Jalan Agus Salim, hingga Jalan Diponegoro.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman, meminta Satpol PP tidak tebang pilih dalam menegakkan aturan Jika di lokasi ditemukan ada pelanggaran agar langsung ditertibkan. Termasuk warung makan yang buka pada siang hari.

“Apalagi mayoritas penduduk Sampang umat muslim semua, ini demi menjahaga kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa harus ditertibkan,” tegasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan