Sampang, 9/5 (Media Madura) – Hampir seratus calon jemaah haji (CJH) di Kabupaten Sampang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama yang berakhir 5 Mei 2017.

Dari kuota sebanyak 640 CJH, baru 539 CJH reguler yang sudah melunasi BPIH ditambah 7 jamaah cadangan sehingga masih tersisa 94 kursi kosong di CJH reguler. 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sampang Syamsuri menjelaskan, para CJH yang masuk tahap pertama tetapi tidak bisa melunasi BPIH maka dipastikan tidak akan berangkat tahun ini ke tanah suci Mekkah.

Sebab pelunasan BPIH tahap kedua yang akan dibuka dari tanggal 22 Mei sampai 10 Juni mendatang diprioritaskan untuk CJH kelompok lanjut usia (lansia) dan jemaah penggabungan suami-istri dan anak kandung. 

“CJH yang tidak bisa melunasi BPIH tahap pertama itu karena beberapa faktor seperti meninggal dunia dan ada yang karena belum mampu dananya,” terangnya, Selasa (9/5/2017). 

Syamsuri menyebutkan, BPIH tahun 2017 untuk embarkasi Surabaya sebesar Rp 35.666.250. Para jemaah dapat melakukan pelunasan ke Bank penerima setoran haji (BPS) yang ditunjuk Kemenag.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan