Sumenep, 4/5 (Media Madura) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timut melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) berjanji akan melakukan evaluasi terhadap Perarutan Daerah (Perda).

Tidak hanya Perda, legislatif juga akan meninjau sejumlah Peraturan Bupati (Perbup). Sebagaimana disampaikan Ketua BP2D yang baru, Hozaini Adzim, Kamis (4/5/2017).

“Kami tidak hanya akan mengevaluasi dan memverifikasi Perda (Peraturan daerah) yang sudah masuk di Program Legislasi Daerah (Prolegda 2017) tapi juga Perda yang sudah ada,” ungkapnya.

Walaupun mengevaluasi Perbup tidak pernah dilakukan, politisi PAN itu menegaskan ke depan akan pihaknya lakukan, terutama Perbup yang dinilai kurang memihak terhadap kepentingan rakyat.

“Di antara Perbup yang sedang kita pelototi adalah Perbup tentang Perijinan dan Perbup tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW),” tegasnya.

Alasan pihaknya perlu melakukan evaluasi tersebut, selama ini tidak semua Perbup menguntungkan atau memihak terhadap rakyat yang diwakilinya.

“Kami sudah minta kepada staf, perbup-perbup itu untuk disiapkan dan dalam waktu dekat akan dibahas bersama-sama,” ucapnya.

Usai dievaluasi, sambung dia, pihaknya akan menyerahkan kepada bupati dan menunjukkan poin-poin Perbup yang perlu dirubah, diganti atau diperbaiki.

Penulis: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan