Sampang, 19/4 (Media Madura) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 31 Desa se Kabupaten Sampang akan digelar pada 16 Mei 2017 mendatang. Pemerintah, Polri, TNI, maupun calon kades menjamin aman menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pilkades berlangsung.

Kesepakatan itu dilontarkan saat deklarasi damai calon kades dalam rangka pilkades serentak yang digelar di Pendopo Bupati Sampang pada Rabu (19/4/2017) pukul 09.00 WIB.

“Mari kita sukseskan pelaksaan pilkades serentak ini dengan rasa aman menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif di tingkat desa,” ujar Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono saat memberikan sambutannya, Rabu.

Fadhilah berpesan, kalah atau menang tetap menjaga kondusifitas desa khususnya Kabupaten Sampang. Mengingat, kemenangan pihak manapun adalah kemenangan masyarakat desa. Terpenting seluruh calon kades sama-sama menyiapkan diri untuk menang dan kalah guna mensukseskan pelaksaan pilkades.

“Saya hanya berpesan agar calon kades yang kalah nantinya tetap menjadi warga biasa dan menjaga desanya masing-masing,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sampang, Malik Amrullah mengaku terlaksananya pilkades serentak berlangsung aman tergantung antusiasme warga dalam memilih hak suara. Hal itu demi menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi di desa yang berazazkan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Tetapi terpilihnya pemimpin di desa yang berkompeten guna mewujudkan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyakarat,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar, pengamanan selama proses pelaksanaan pilkades serentak akan menerjunkan seluruh personel gabungan baik dari Satuan Sabhara, Reskrim, Intel, dan Brimob Polda Jatim.

“Untuk jumlahnya akan kita sesuaikan lagi dengan kebutusan di lapangan atau peta tingkat kerawanan masing-masing desa, termasuk juga pengamanan dari TNI. Kita siapkan secara matang sehingga pilkades serentak yang akan dilakukan di 31 Desa berlangsung aman,” tegasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan