Sumenep, 19/4 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya mengumumkan soal pendistribusian beras sejahtera (rastra) untuk tahun 2017.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Heri Koencoro Pribadi mengatakan, rastra untuk empat bulan terakhir mulai saat ini sudah bisa ditebus. 

“Ya, sekarang Kepala Desa sudah bisa menebus rastra untuk beberapa bulan terakhir ini,” terang Heri, Rabu (19/4/2017).

Untuk hal itu, Heri mengaku pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masing-masing kecamatan yang secara administrasi berada di Kabupaten Sumenep.

“Disamping juga kami telah meminta pemerintah desa untuk melakukan pendataan penerima manfaat rasta, agar masyarakat yang memang benar-benar masuk kategori tidak mampu bisa mendapatkan,” ungkapnya

Dia menjelaskan, tahun ini ada sekitar 128.016 Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima manfaat, dengan jatah 1.920.240 ton setiap bulannya. 

“Berasnya sekarang sudah tersedia di gudang Bulog, asal ada dananya untuk menebus anggaran beras selama beberapa bulan, silahkan Kades boleh menebus,” tandasnya.

Seperti diketahui, jatah rastra di Kabupaten Sumenep tahun ini mengalami kenaikan  sebesar 10 persen dibandingkan tahun 2016 lalu. Tahun ini pagu mencapai 23.042.880 ton dalam satu tahun atau sebanyak 1.920.240 ton per bulan.

Penulis : Rosy
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan