Pamekasan, 11/4 (Media Madura) – Komisi IV DPRD Kabupaten Pamekasan kembali menggelar sidak ke sejumlah Puskesmas di Kecamatan Proppo dan Palengaan. Ketua komisi IV Moh Sahur mengelus dada setibanya di Puskesmas Pembantu Desa Toket, Kecamatan Proppo, sebab gedung tersebut rusak parah.

Sejumlah anggota Komisi IV yang melihat langsung ke dalam ruangan itu juga mengaku prihatin, dimana ruangan utama Puskesmas tersebut mengalami kerusakan di berbagai sisi, atap dan plavon yang rusak, dinding yang retak dan lantai keramik yang mengelupas.

“Ini sudah tidak layak untuk ditempati dan sangat membahayakan,” kata ketua Komisi IV Mohammad Sahur.

Sementara itu, kordinator komisi IV DPRD Pamekasan Hermanto meminta kepada Dinas Pendidikan untuk melihat langsung kondisi bangunan tersebut dan mengambil langkah serius untuk memperbaiki bangunan itu, mengingat di Pustu ini jumlah pasien yang datang setiap harinya cukup banyak.

“Dari laporan yang kami dapatkan, dalam setiap hari tidak kurang dari 7 hingga 10 pasien yang berobat ke sini, sehingga perlu dipikirkan dengan serius,” tegasnya.

Pembina Pustu Desa Toket Farida menuturkan, ia tidak mengetahui secara pasti kapan pembangunan gedung tersebut, hanya berdasarkan informasi warga diperkirakan sekitar tahun 2002 lalu.

“Secara pasti saya tidak tahu kapan pembangunannya, di sini kami juga baru menempati,” katanya.

Dikatakan, Pustu tersebut baru beroperasi kembali sekitar 3 bulan, setelah sekian lama tidak beroperasi, dan masyarakat menyambut baik beroperasinya Pustu tersebut.

Pelayanan Pustu ini dilakukan di gedung sisi timur yang kondisinya masih bisa ditempati, tetapi gedung yang mengalami kerusakan parah adalah gedung utama.

Reporter : Arif
Editor : Ahmadi

Tinggalkan Balasan