Sampang, 21/3 (Media Madura) – Rencana penggusuran paksa terhadap 10 bangunan rumah warga yang berada di bantaran Sungai Kali Kamuning Kelurahan Gunung Sekar masih buram.

Ketua Komisi III DPRD Sampang Moh Nasir meminta penggusuran segera dilakukan dengan catatan prosedural tanpa ada tebang pilih. Namun, jika masih belum terlaksana sesuai kesepakatan maka harus segera dieksekusi.

“Ini perlu ketegasan pemerintah, dari kemarin hanya sebatas wacana saja, jika memang belum digusur secepatnya digusur,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Moh. Zainullah mengatakan, pihaknya bukannya tidak ingin menggusur melainkan warga sudah ada yang gotong-royong membongkar sendiri bangunannya. Menurutnya, pembongkaran sudah dilakukan sejak setengah bulan yang lalu.

”Sebagian sudah ada yang dibongkar sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, dari 10 bangunan yang menjadi target penggusuran hampir semuanya sudah dilakukan pembongkaran sendiri. Sebagian lagi, masih menunggu tukang untuk melakukan pembongkaran.

”Jika memang masih ada yang belum digusur maka maka akan gusur secara secara paksa, ini sudah peringatan yang kesekian kalinya,” tegasnya.

Zainullah sudah meninjau langsung ke lokasi dengan tim. Peninjauan dilakukan untuk melakukan pengukuran serta memberikan patok supaya masyarakat sendiri yang menindaklanjuti. Disinggung dead line yang diberikan, Zainullah menegaskan sampai akhir bulan Maret ini.

”Mumpung belum dilakukan penggusuran paksa kami beri kesempatan sekali lagi, jika tetap mokong terpasak pemerintah akan menggusur dengan menggunakan alat berat,” tandasnya.

Sekedar diketahui, 10 bangunan tersebut terdiri dari permukiman warga, pertokoan dan rumah makan. Penggusuran dilakukan, dikarenakan bangunan tersebut melanggar peraturan menteri PU 28/2015.

Dalam aturan tersebut menyebutkan, bahwa 3 meter dari bantaran sungai tidak boleh didirikan bangunan. Sebelumnya, tahapan surat peringatan penggusuran sudah dilayangkan selama 3 kali kepada pemilik rumah. Untuk itu 10 bangunan ini merupakan tahap pertama penggusuran yang akan dilakukan oleh pemkab Sampang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan