Sumenep, 17/3 (Media Madura) -Pelatihan 1000 Wirausahawan Muda secara resmi dibuka oleh Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur A Busyro Karim, bertempat di STKIP PGRI Sumenep, Kamis (16/03/2017).

Dalam pembukaan itu, Bupati Sumenep menyampaikan, program wirausahawan muda adalah program ungulan Kabupaten Sumenep guna mencetak 5000 wirausahawan muda dalam lima tahun kedepan.

Pada tahun ini, kata Busyro, Pemkab Sumenep menargetkan tercetak sebanyak 1000 wirausahawan baru melalui 24 usaha yang diprogramkan. 

“Tujuan perogram ini mengurangi pengangguran di kabupaten Sumenep, kita ingin mengubah mindset dari pencari kerja menjadi pembuat kerja,” ujar Busyro. 

Politisi PKB ini menambahkan, “Faktor pengangguran di Sumenep sebagian karena motivasi seseorang yang begitu besar menjadi karyawan atau PNS, sedangkan SDM sangat rendah dan keterbatasan modal akses jaringan,” ucapnya.

Bupati dua periode ini meminta, kedepan pemuda sebaiknya jangan terlalu bermimpi menjadi PNS atau karyawan, lantaran untuk peluang itu saat ini tidak terlalu tersedia. 

Lebih baik, lanjut Busyro, bermimpilah menjadi wirausahawan, karena menjadi wirausawan jauh lebih peluangnya, bahkan besar mamfaatnya untuk masyarakat dengan menyerap tenaga kerja. 

“Seorang pengusaha, bisa menyerap 5 orang tenaga kerja atau lebih. Dengan demikian, saya berharap pengangguran terus berkurang, salah satunya melalui program ini,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, untuk memuluskan program unggulan ini, pada tahun 2017 ini Pemkab Sumenep telah menganggarkan sebesar Rp 4 miliar yang disebar ke sejumlah SKPD. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan