Pamekasan, 16/3 (Media Madura) – Satu warga Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diketahui terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pasean, Kusmanto mengatakan, penyakit tersebut terjadi pada alat vital, yang dimungkinkan karena disebabkan sering gonta-ganti pasangan, itu diketahui ketika salah satu warga tersebut melakukan check kesehatan.

“Penderitanya dari luar daerah, saya tidak tahu, apakah dia kena di sini atau dari luar negeri,” katanya, Kamis (16/3/2017).

Hanya saja Kusmanto, tidak menyebutkan nama penderita penyakit tersebut, dengan alasan menjaga identitas pengidap sehingga tidak diacuhkan oleh warga sekitarnya.

“Tapi yang jelas bukan dari daerah Kecamatan Pasean, melainkan dari Kecamatan Batumarmar, tepatnya dari Desa Tamberru dengan jenis kelamin laki-laki,” tambahnya.

Demi mendapatkan pelayanan kesehatan yang memungkinkan, pengidap penyakit yang belum diketahui obatnya itu langsung dirujuk ke Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Martodirdjo Pamekasan.

“Kami rujuk langsung ke Pamekasan, agar mendapat perawatan yang lebih intensif. Mulai tahun-tahun sebelumnya memang ada, tapi langsung dirujuk,” terang Kusmanto.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar berperilaku sehat dengan tidak melakukan hubungan seks bebas supaya tidak terjangkit penyakit menular dan mematikan tersebut.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan