Sumenep, 13/3 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan kembali melanjutkan program Wirausahawan Muda sebagai salah satu program unggulan Bupati Busyro Karim dan Wakil Bupati Achmad Fauzi. 

Bahkan, rekruitmen pada tahun ini diklaim akan lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Pasalnya, anggaran untuk program tersebut sudah sesuai dengan pengusulan Pemkab. 

“Anggaran yang disetujui Dewan sebesar Rp 4 miliar. Insyaallah tahun ini akan lebih siap dari kemarin, kalau kemarin kan kita dilantik saat anggaran sudah tercipta,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Senin (13/3/2017).

Anggaran tersebut akan kembali disebar ke beberapa instansi pelaksana rekruitmen calon wirausahawan, diantaranya Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diaperindag), Dinas Koperasi dan UMKm serta Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga. 

“Dana rekruitmen dan pemberian modal usaha sudah terakomodir di dalamnya,” terang Fauzi. 

Namun demikian, Fauzi mengutarakan, Pemkab memberikan sejumlah catatan untuk realisasi program tersebut pada tahun ini, terutama kepada SKPD terkait, agar dalam pelaksanannya benar-benar mengikuti aturan atau prosedural secara prosedural.

“Yang paling penting, instansi memberikan pencerahan atau perubahan mindset kepada calon pengusaha muda, bahwa modal uang yang kami berikan bukan tujuan utama, melain yang paling penting adalah modal pengetahuan,” tandasnya. 

Pembentukan wirausahawan muda sudah menjadi janji politik Busyro-Fauzi saat masih masa kampanye dulu dan akan dijadikan program unggulan selama 5 tahun. Bahkan ditargetkan, lahir 5000 usahawan muda dari program ini sampai akhir jabatan nanti. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan