Pamekasan, 10/3 (Media Madura) – Tim pelatih Madura United berjanji akan mengevaluasi hasil tes fisik para pemain.

Seperti diketahui, 24 pemain Laskar Sape Kerrab menjalani tes fisik di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (9/3/2017) kemarin.

“Hasil tes fisik nanti menjadi bahan bagi tim pelatih untuk membenahi kekurangan masing-masing pemain,” kata Pelatih Madura United, Gomes De Oliviera.

Kendati demikian, hasil tes fisik belum keluar. Menurut Gomes, hasilnya baru akan diketahui dalam beberapa hari ke depan. “Hasil tesnya belum kami terima, mungkin tiga hari lagi. Hasilnya juga untuk bahan evaluasi internal tim,” jelasnya.

Materi tes fisik meliputi agality, strenght, kecepatan, vo2max, massa otot, masa lemak hingga kapasitas paru. Dari beberapa materi itu akan diketahui siapa pemain yang fisiknya paling bagus dan sebaliknya.

“Data masing-masing pemain dibutuhkan oleh tim pelatih untuk menyesuaikan menu latihan, utama latihan fisik bagi masing-masing pemain. Termasuk, menjadi bekal bagi tim pelatih untuk mengetahui kemampuan pemain dalam menjalani pertandingan,” ujar dia.

Pelatih asal Brasil itu menambahkan, kemampuan fisik pemain menjadi salah satu bekal agar mampu menjalani pertandingan hingga menit akhir. Gomes menyatakan, bila pihaknya akan membentuk pondasi tim yang ideal.

“Jika kemampuan fisik mereka tidak dijaga, akan ada kemungkinan mereka bisa kehilangan konsentrasi di menit-menit akhir,” tandas Gomes.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan