Pamekasan, 2/3 (Media Madura) – Droping blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diperkirakan akhir bulan Maret 2017.

“Diperkirakan droping e-KTP bakal datang di akhir Maret tahun 2017 ini,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Herman Kusnadi, Kamis (2/3/2017).

Saat ini masyarakat hanya malakukan perekaman dan mayoritas hanya menggunakan surat keterangan.

Namun, surat keterangan tersebut, fungsinya sama dengan e-KTP yang berbentuk kepingan. Sebab, dalam surat itu juga terdapat barcode, layaknya e-KTP sebenarnya yang bisa digunakan untuk mengurus keperluan lainnya.

“Informasinya, sekarang pengadaan keping e-KTP masih dalam proses lelang di Kementerian Dalam Negeri, yang kemungkinan besar akan didistribusikan bulan ini. Tapi, ini hanya perkiraan saja,” jelas Herman ragu.

Dilanjutkan oleh mantan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan ini, pihaknya berharap bagi masyarakat yang sebelumnya telah memiliki e-KTP elektronik dalam bentuk lembaran, bisa mengurusnya setelah diumumkan secara terbuka melalui berbagai media termasuk media elektronik.

“Kalau keping e-KTP sudah kami terima, nanti akan kami umumkan di media. Jumlah masyarakat yang pakai surat keterangan banyak. Kami juga berharap perkiraan droping tersebut tidak meleset,” ujar Herman.

Informasi tersebut, berdasar dari hasil rapat koordinasi di Surabaya, bahwa keping e-KTP segera tersedia akhir bulan ini.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan