Sampang, 28/2 (Media Madura) – Sejumlah warga di Desa Plasah, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, meminta jabatan Kades setempat segera diisi dengan Penanggung Jawab (Pj).

Alasan itu dikarenakan Agil, Kades di Desa Plasah sudah meninggal dunia sejak 16 hari lalu dan masih menyisakan masa jabatan sekitar 3,5 tahun. Namun, hingga kini pihak Kecamatan belum ada penunjukan Pj sebagai pengganti jabatan.

“Sampai sekarang tidak ada Pj sejak meninggalnya Kades,” ujar Moh Anwar warga Desa Plasah saat mendatangi kantor Pemkab Sampang, Selasa (28/2/2017) siang.

Pertemuan warga itu ditemui langsung oleh Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono. Mereka menyampaikan, bahwa dampak belum ada penunjukan Pj membuat kondisi pemerintahan desa vakum. Sehingga, banyak masyarakat kesulitan terkait persoalan administrasi.

Kata Anwar, selain itu penunjukan jabatan Pj Kades Plasah seharusnya sudah jatuh kepada Sekdes. Mengingat, status Sekdes sudah tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, lagi-lagi tidak ada tindakan tegas dari pihak Kecamatan setempat.

“Kami berharap kekosongan Kades segera diisi karena sudah ada Sekdes. Apa sih susahnya,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Fadhilah Budiono mengungkapkan secara otomatis jabatan Pj Kades sudah tergantikan kepada Sekdes. Hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades.

“Kita tunggu saja pengajuan dari Kecamatan bukan BPD. Karena sudah seharusnya dalam aturan ketika Kades meninggal jabatannya diganti Pj oleh Sekdes dan ketentuannya harus PNS,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan