Pamekasan, 16/2 (Media Madura) – Puluhan mahasiswa mengikuti lomba enterpreneur yang digelar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (16/2/2017) pagi.

Ketua Panitia Lomba Enterpreneur, Fatati Nuryana mengatakan, lomba sengaja digelar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa. Lomba tersebut mengusung tema “The Young Enterpreneur for JEBIS STAIN Pamekasan”.

“STAIN Pamekasan Menyelenggarakan lomba enterpreneur bagi mahasiswa jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBIS), yang bertujuan untuk membangun jiwa-jiwa muda berbakat enterpreneur,” kata Fatati, Kamis pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman kampus yang berlokasi di Jalan Raya Penglegur tersebut, mahasiswa diharuskan membuat produk atau menginovasinya.

“Dengan membawa inovasi produk dan pemanfaatan Sumber Daya Alam yang memberikan nilai tambah ekonomi,” imbuhnya.

Fatati mengungkapkan tentang teknis perlombaan tersebut. Peserta lomba, jelasnya, akan menawarkan beberapa produk yang menarik pengunjung.

“Nantinya ditawakan kepada pengunjung umum, dosen, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat umum,” ungkapnya menjelaskan.

Hingga kini, kampus yang dalam waktu dekat akan beralih status menjadi IAIN Madura itu, mahasiswanya masih menjalani libur panjang.

“Kegiatan ini juga untuk mengarahkan mahasiswa untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat selama libur kampus,” ujarnya.

Pemenang lomba, Fatati melanjutkan, akan mendapatkan hadiah Tabanas dari kampus. “Jurinya dari kampus dan luar kampus,” Fatati menandaskan.

Berikut adalah daftar produk dalam perlombaan tersebut:

Tapis panggang, brownies coklat pare (BROCORE) (bahan dasar pare), kue nastar noni chizu (bahan dasar mengkudu), grean ice cream (ice cream jamu), relive clothing, rumah kriuk (bahan dasar kulit ikan), bakmi rainbow (bahan dasar sayuran), pemanfaatan kulit buah naga (jus kuliat buah naga), stik dan mie cabe sawi, warles rujak COC (bahan dasar cengur dan ceker), nugget TIT (bahan dasar ikan tongkol), rujak tape, kripik batang sawi dan lain-lain.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan