Pamekasan, 14/2 (Media Madura) – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur direncanakan menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Disampaikan oleh Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Moh Tarsun, rencana itu sudah diajukan dan disetujui Disdik Provinsi Jawa Timur.

“Ususlan UNBK SMP disetujui Diknas Provinsi,dengan itu kami melakukan koordinasi dengan sejumlah SMA dan SMK yang nanti bisa dipinjam untuk menjadi tempat ujian,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Tarsun menabahkan, SMP yang bakal menyelenggarakan UNBK yaitu SMP Negeri, akan tetapi sejauh ini belum ada satupun SMP Negeri yang memadai perangkat komputernya untuk melaksanakan UNBK, sehingga harus meminjam ke sekolah terdekat yang memiliki perangkat memadai sesuai arahan dari Kemendikbud.

“Kami telah melakukan pemetaan dan semua SMP Negeri dipastikan pakai UNBK. Kalau yang Swasta tetap pakai manual, adapun jarak maksimal yang ditentukan radius 5 kilometer,” tambahnya.

Dari 38 SMP Negeri yang bisa melaksanakan UNBK tahun 2017 ini, akan dibuat jadwal secara khusus, sehingga dalam satu mata pelajaran yang diujikan akan dibagi menjadi tiga kelompok, sehingga semua siswa bisa mengunakan komputer secara bergantian.

“Kelompok pagi, siang dan sore. Karena komputer yang tersedia sedikit, jadi harus bergantian dalam satu mata pelajaran. Artinya, jadwalnya dibuat khusus, berbeda dengan Ujian Nasional (UN) dengan cara manual, yang bisa langsung serentak ” urai Tarsun.

Adapun jadwal UNBK SMP-MTs akan digelar dengan sistem dua gelombang. Gelombang pertama UN SMP/MTs yakni pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017. Sedangkan gelombang kedua UN SMP/MTs berlangsung pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan