Pamekasan, 11/2 (Media Madura) – Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu kabupaten di Madura yang mempunyai pesona alam indah. Kabupaten dengan penduduk sekitar
91.752 jiwa ini merupakan eks Karesiden Madura yang belakangan mulai disebut “Central Of Madura”.

Selain dikenal dengan Kabupaten Pendidikan dan pusat kebudayaan Madura, Pamekasan juga mempunyai potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Pamekasan.

Batu Ampar

Batu Ampar adalah sebuah kompleks makam para ulama dan wali yang sangat berpengaruh di Jawa Timur. Komplek Batu Ampar terletak di Desa Pang Bhetok, Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.

Wisata religi Batu Ampar dalam setiap harinya dikunjungi oleh jutaan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia, sebab di kawasan tersebut terdapat makam para tokoh penyebar agama Islam. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa pedagang yang menjajahkan makanan khas Madura seperti Petis Madura, Aneka Krupuk dan Kripik, Terasi dan berbagai jajanan lainnya dengan harga yang terjangkau.

Ada satu kepercayaan yang berkembang di masyarakat, barang siapa yang menghatamkan Al-Qur’an ditempat ini, niscaya akan membuatnya lancar dalam membaca Al-Qur’an dan keinginannya banyak terkabul.

Letak wisata religi ini berada sekitar 15 kilo meter ke arah barat dari kota Pamekasan.

Foto : google

Api Alam

Api alam atau yang dikenal dengan api tak kunjunng padam yang terletak di desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Maduran, Jawa timur, nampak indah dimalam hari.
Api yang keluar dari dalam tanah di lokasi tersebut nampak indah di malam hari, sekalipun tetap dimanfaatkan sebagai lokasi memasak oleh sejumlah pengunjung.

Pada siang hari, wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata itu sangatlah banyak, dan pada malam hari juga tidak kalah ramai, bahkan tidak hanya wisatawan lokal termasuk wisatawan asing.

Di sekitar lokasi wisata ini banyak penjual jagung untuk dibakar di api yang tak kunjung padam tersebut, selain itu juga banyak penjual oleh-oleh khas Madura. Letak lokasi wisata ini sekitar 7 kilo meter ke arah selatan dari pusat kota Pamekasan.

Pantai Jumiang

Wisata Pantai Jumiang Pamekasan adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di Desa Tanjung , Kecamatan Pademan Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur.

Suasana pantai dengan hamparan pasir putih serta birunya air laut menambah keindahan pantai ini. Selain itu ada sensasi pegunungan yang terletak di sisi timur pantai tersebut yang dikelilingi pepohonan rindang. Letak pantai ini sekitar 20 kilo meter ke arah timur dari pusat kota Pamekasan.

petani saat memanen rumput laut di pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan


Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini selain menyajikan pesona alam juga terdapat kebun pohon mangrove yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tidak jau dari pantai ini juga terdapat Vihara Avalokitesvara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara.

Di sekitar pantai ini terdapat tempat isterahat dan fasilitas lainnya, bahkan banyak warung-warung kopi yang disediakan untuk wisatawan. Letak pantai ini berada sekitar 15 kilo meter ke arah timur dari pusat kota Pamekasan.

Kampung Batik

Kampung batik merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pamekasan, yang terletak di Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Di kampung ini mayoritas masyarakatnya berpengrajin batik tulis khas Madura.

Wisatawan yang berkunjung ke kampung ini bisa melihat langsung dan bahkan bisa belajar cara membatik dengan motif cantik dan unik serta melegenda khas Madura.

Sisi keunikan batik Pamekasan Madura terletak pada warnanya, yang sebagian besar berwarna merah terang dalam motif bunga atau daun. Warna klasik ini telah menjadi tren warna batik tulis Klampar Madura yang sangat melegenda.

Letak wisata kampung batik ini tidak jauh dari pusat kota Pamekasan, yakni sekitar 7 kilo ke arah barat.

Bukit Cinta

Wisata bukit cinta merubakan salah satu lokasi wisata yang baru dibangun dan diresmikan pada tahun 2016. Wisata ini juga dikenal dengan wisata Selamat Pagi Madura (Selamat Pagi Madura) Edu Wisata, terletak di pinggiran kota Pamekasan tepatnya di Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Salah satu objek wisata yang paling menarik perhatian pengunjung adalah Bukit Cinta. Bukit yang sengaja didesain membentuk “Love” menggunakan anak tangga dan kerap dijadikan lokasi selfie oleh pengunjung.

Selain kolam pemandian, lokasi wisata ini juga menyediakan wahana bermain lainnya, yakni flaying fox, kolam memancing, waterboom, berkuda, memanah, becak mini dan sejumlah permainan lainnya.

“Bukit Cinta” salah satu wahana yang disediakan di lokasi Edu Wisata “Selamat Pagi Madura”

Bukit Brukoh

Bukit Brukoh merupakkan wisata alam yang menyajikan pemandangan indah dan sejuknya pegunungan. Wisata ini terletak di Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan.

Dari lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati pemandangan dan melihat wilayah utara dan wilayah perkotaan Pamekasan karena letaknya yang cukup tinggi.

Pengunjung juga bisa menikmati kopi dan jajanan khas Madura di sekitar lokasi wisata yang letaknya sekitar 30 kilo meter ke arah utara kota Pamekasan ini.

Bukit Brukoh. Foto : Facebook Kades Bajang. Moh Mokri

DAM /Waduk Samiran

Dam Samiran merupakan Dam terbesar di Kabupaten Pamekasan yang dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Terletak di Desa Samiran, Kecamatan Proppo. Di lokasi wisata air ini, pengunjung bisa menikmati suasana sejuk dengan pepohonan rindang dan dinginnya lokasi yang dikelilingi aliran sungai ini.

Di lokasi ini juga terdapat waduk yang baru dibangun dengan luas 1,2 hektar yang didalamnya telah ditaburi jutaan bibit ikan berbagai jenis. Selain menikmati suasana alam yang sejuk, pengunjung juga bisa memancing di lokasi ini.

Bahkan pemerintah Kabupaten Pamekasan telah merencanakan untuk membangun tempat ini menjadi wisata air terbesar di pulau Madura. Letak lokasi ini tidak jauh dari pusat kota, yakni sekitar 3 kilo meter ke arah barat.

Waduk Samiran, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (Esa/MM)

Wisata Lebah Madu

Wisata lebah Madu merupakan salah satu wahana wisata unik di Kabupaten Pamekasan, dimana di lokasi ini warga ternak lebah madu dan sudah menjadi kawasan Agro Sentana Wisata lebah Madu.

Kawasan wisata ini terletak di Desa Bajur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, dengan produk unggulan lebah madu, madu yang dihasilkan adalah madu asli.

Letak lokasi wisata ini berada di wilayah utara kota Pamekasan, yakni sekitar 40 kilo meter dari pusat kota.

Eko Wisata Magrove Lembung

Eko Wisata mangrove merupakan salah satu wisata lingkungan yang terletak di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan.

Di kawasan ini terdapat budidaya pohon mangrove seluas 44 hektar. Wisatawan bisa menikmati indahnya kawasan wisata ini, selain ini juga bisa belajar menanam dan memelihara mangrove kepada komunitas yang ada di lokasi tersebut.

Letak kawasan wisata ini berada sekitar 10 kilo meter ke arah timur dari pusat kota Pamekasan.

Sae Salera (Kuliner)

Sae Salera merupakan salah satu kawasan wisata kuliner yang berada di dua tempat, yakni Sae Salera 1 yang berada di jalan niaga dan Sae Salera 2 yang terletak di jalan dirgahayu.

Wisata kuliner ini menyediakan makanan khas Madura berbagai jenis. Pengunjung bisa memilih menu makanan di sepaniang jalan ini sesuai dengan seleranya.

Foto : google

Arek Lancor

Arek Lancor merupakan simbol kota Pamekasan yang dikelilingi oleh taman rindang dan hijau dan terletak di pusat kota. Di malam hari, disekitar lokasi ini dipenuhi oleh pengunjung untuk bersantai.

Sayangnya di kawasan taman ini fasilitasnya masih kurang memadai, bahkan tidak ada fasilitas wifi yang menunjang aktifitas warga di kawasan ini.

Tetapi di lokasi ini kerap dijadikan pusat kegiatan hiburan, selain itu pengunjung bisa menikmati hangatnya kopi yang dijual di kawasan ini.

Selain lokasi wisata diatas, juga masih terdapat pesona alam yang berpotensi menjadi lokasi wisata, tetapi masih belum digarap dengan baik, diantaranya.

Monumen Arek Lancor, alun-alun Kabupaten Pamekasan

Bukit Sobih

Bukit Sobih merupakan lokasi yang mempunyai potensi wisata alam. Dan merupakan bekas galian batu bata yang terletak di Dusun Sobih, Desa Lesong Daya, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan.

Hamparan batu putih dan pemandangan perbukitan bekas galian batu bata di lokasi ini memberi keindahan tersendiri bagi pengunjung. Tetapi hingga saat ini lokasi ini masih belum digarap menjadi lokasi wisata yang serius, meskipun lokasi sangat indah dan menyamai bukit Jeddih di Bangkalan.

Lokasi ini berada sekitar 40 kilo meter ke arah utara dari pusat kota. Dan wilayah utara kota Pamekasan mempunyai pesona alam dan pengunungan yang mempesona.

Gua Batu Akik

Potensi wisata Gua Batu Akik terdapat di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan, Gua ini pertama kali ditemukan oleh warga saat menggali sumur. Dan saat ini sudah dijadikan sebagai wisata.

Penemuan gua akik ini sempat menghebohkan sebab di dalam gua ini Penuh dengan dinding yang menyerupai batu mulia (Batu Akik).

Gua ini berada di wilayah utara kota Pamekasan, yakni sekitar 40 kilo meter dari pusat kota.

Penulis : Arif
Editor : Ahmadi

Tinggalkan Balasan