Sampang, 12/1 (Media Madura) – Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Desa (DD) tahun 2017 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, naik hingga 30 persen yakni mencapai Rp 167 miliar.

Berdasarkan catatan mediamadura.com, kucuran DD di Sampang bersumber dari APBN itu di tahun 2015 lalu sebesar Rp 58 miliar, sedangkan tahun 2016 sebesar Rp 131 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset (BPPKA) Kabupaten Sampang Suhartini Kaptiati, mengatakan kenaikan pagu anggaran DD tahun ini diketahui sejak adanya rilis dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

”Pagu DD naik menjadi Rp 167.492.597.000,” jelasnya, Rabu (11/1).

Menurutnya, kendati pagu anggaran DD sudah diketahui, namun sampai saat ini daerah belum menerima transfer dari dana DD tersebut. Sebab, masih menunggu laporan pengajuan APBDes dari desa.

“Cepatnya proses tranfer dari pusat biasanya disesuaikan dengan kelengkapan administrasi desa. Semoga saja akhir Januari ini berkas administrasi sudah rampung semua,” katanya.

Disisi lain, meski sudah ada kejelasan tentang jumlah angggaran DD untuk Kabupaten Sampang, pihaknya belum bisa memberikan rincian terkait pembagian untuk masing-masing desa.

Untuk itu, dalam kenaikan DD tersebut diharapkan kepada semua pemerintah desa agar lebih hati-hati dalam mengelola dan menggunakan DD. Sebab, tidak menutup kemungkinan pengawasan dan proses verifikasi akan lebih ketat lagi.

Penulis: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan