Sampang, 6/1 (Media Madura) – Semburan gas disertai kobaran api dari dalam bumi kembali terjadi di salah satu rumah warga di Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, saat pekerja sedang mengebor sumber air bersih.

Awal mula munculnya gas itu pada Rabu (4/1/2017) lalu, ketika pemilik rumah, Moh Anwar Sanusi, tak lain anggota DPRD Sampang ini berupaya mencari sumber titik air bersih dengan cara mengebor karena wilayahnya dilanda kekeringan.

Sesaat kedalaman sekitar 70 meter, bukan air bersih yang didapatnya justru tercium bau gas hingga muncul kobaran api membubung tinggi dari pipa tersebut.

“Sekitar tiga hari lalu mengebor sumber air bersih, tiba-tiba di kedalaman 70 meter airnya muncul tapi ada bau gas, ketika disulut korek api ternyata memang ada kandungan gas alam,” kata Moh Iqbal Fathoni putra Anwar, Jumat (6/1/2017) pagi.

Iqbal Fathoni yang akrap disapa Fafan ini mengatakan, pengeboran saat ini terpaksa dihentikan khawatir semakin parahnya semburan gas disertai kobaran api itu. Bahkan, ia akan melaporkan kepada pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup atas kejadian tersebut agar ditindaklanjuti.

Saat ini area di sekitar sumber itu dibatasi untuk tidak didekati warga lain oleh pemiliknya khawatir menjadi tontonan yang berakibat berbahaya. Diatas sumber yang dibor ditutup dengan pipa. Belum ada penjelasan ilmiah terkait kemunculan gas disertai kobaran api di rumah warga tersebut.

Penulis: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan