Sampang, 4/1 (Media Madura) – Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Sampang selama tahun 2016 sebanyak 626 orang, 6 orang diantaranya meninggal dunia. Seperti diungkapkan Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Farid Bil Faqih.

“Memang masih ada masyarakat yang belum memahami gejala-gejala DBD, sehingga lambat ditangani dan menyebabkan meninggal dunia bagi yang terserang, padahal kami sudah mensosialisasikan melalui media bahkan kami juga sudah turun langsung ke lapangan,” terangnya, Rabu (4/1/2017).

Dikatakan Farid, jumlah itu menurun jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu, yakni sebanyak 638 orang dan 14 orang diantaranya dinyatakan meninggal.

“Kalau penurunan kasus DBD di daerahnya tidak begitu signifikan, dan rata-rata warga yang terserang penyakit itu berusia 5 sampai 25 tahun,” jelas Farid.

Daerah endemis DBD terdapat di lima Kecamatan, yaitu di Kecamatan Kota Sampang, Kedungdung, Sokobanah, Sreseh, dan Banyuates.

Upaya dilakukan Dinas Kesehatan sudah melakukan fogging dan pemberian abate. Tetapi, yang terpenting setiap warga harus menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan gerakan 3 M yakni Menguras, Mengubur dan Menutup tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Penulis: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan