24.5 C
Madura
Jumat, Juli 26, 2024

Dilantik, PKD Harus Mampu Mengawasi Pemilu  2024

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sampang melantik 186 Pantia Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) yang bertugas untuk mengawasi tahapan pemilu 2024. Pelantikan berlangsung di aula Hotel Camplong, Senin (6/2/2023) siang.

Ketua Bawaslu Sampang Insiyatun mengatakan, PKD memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pengawasan di tingkat kelurahan/desa masing-masing. Selain itu mampu menekan tingkat pelanggaran maupun sengketa proses pemilu.

“Kami harap PKD mampu melakukan pengawasan sebaik-baiknya, cermat, dan teliti,” ucap Insiyatun dalam memberikan sambutan pelantikan pengambilan sumpah janji PKD di Sampang.

Menurutnya, menjadi anggota PKD harus menguasi UU dan regulasi pemilu dan harus berintegritas, serta mampu memetakan potensi kerawanan tahapan pemilu di wilayah desa yang ditepati.

Demi kelancaran pengawasan, diharapkan anggota PKD selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder di masing-masing desa. Tugas tersebut tentu harus mengedepankan nilai-nilai netralitas dan integritas sebagai ujung tombak pengawas pemilu.

“Jangan sampai keberpihakan kepada calon peserta pemilu atau partai politik, jaga netralitas demi kelancaran pemilu yang jurdil,” kata dia.

“Semoga amanah dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” pesan Ketua Bawaslu Sampang dihadapan seluruh PKD usai dilantik.

Pengambilan ikrar sumpah janji PKD ini dihadiri Ketua KPU Sampang Addy Imansyah, Divisi Teknis Penyelenggaraan Siti Aisyah, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Alyanto, Bakesbangpol, Bawaslu Sampang, Panwascam, dan seluruh anggota PKD. (Ryn/Arif/Adv)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article