21.6 C
Madura
Sabtu, Mei 18, 2024

Wujudkan Desa Cerdas, Mahasiswa UTM Kembangkan Teknologi Penyiram Tanaman Jarak Jauh di Kertagena Dajah

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Sebagai salah satu hasil dari program pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh KKN-T 44 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang berlokasi di Desa Kertagena Dajah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan tepatnya di Wisata Bukit Kehi. Pada Hari Rabu 18 Januari 2023 Mahasiswa KKN-T 44 UTM melaksanakan peresmian penyiraman otomatis berbasis IoT.

IoT atau Internet Of Think merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi- teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung dengan internet. Program ini telah dikerjakan selama kurang lebih satu minggu.

Penanggung jawab dalam program ini, Rahman mengatakan, pengaplikasian teknologi berbasis IoT yang berguna sebagai penyiraman tanaman secera otomatis yang bisa dikendalikan dari manapun.

“Ini bisa dikendalikan dari berbagai perangjat selama terkoneksi dengan internet, dan upaya ini juga mendukung terwujudnya Desa Cerdas di Kertagena Dajah,” katanya.

Rahman berharap, kedepan setelah KKN ini, Kertagena Dajah bisa menjadi desa binaan kampus UTM. “Agar alat ini bisa dikembangkan dan memiliki keberlanjutan yang baik”, tambahnya.

Peresmian ini dihadiri oleh beberapa pihak, mulai dari Babinsa, duta digital, Pokdarwis, aparat Desa Kertagena Dajah dan diresmikan langsung oleh Kepala Desa Kertagena Dajah Zainani S.Pd.

“Semoga program penyiraman otomatis berbasis IoT ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan dapat diadaptasi pada sektor pertanian yg lebih luas,” kata Kepala Desa Kertagena Dajjah, Zainani.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh kepala desa Kertagena Dajah untuk meresmikan pemanfaatan alat penyiram otomatis berbasis IOT, serta dilanjut dengan uji coba tersebut, disaksikan oleh tamu undangan dan warga sekitar. (Rls/Ist)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article