Selasa, Desember 7, 2021
- Advertisement -
KesehatanRumah Sakit Sampang kini Mempunyai CT Scan

Rumah Sakit Sampang kini Mempunyai CT Scan

Sampang, (Media Madura) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Sampang kini memiliki fasilitas baru berupa alat Computerized Tomography (CT Scan) 128 Slice. Alat yang dilengkapi dengan menggunakan kombinasi sinar-X dan ultrasonografi itu untuk mendeteksi seluruh bagian di dalam tubuh.

Peralatan tersebut belum lama ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi. Dia berharap, dengan dilengkapinya peralatan canggih dan SDM yang mumpuni maka pelayanan prima menjadi tolak ukur keberhasilan rumah sakit.

“RSUD Sampang sekarang punya banyak alat-alat canggih seperti CT Scan ini, orang dengan sangat cepat bisa terdeteksi dan diperiksa kesehatannya, jadi sangat mudah sekali,” ucapnya saat melaunching alat CT Scan di RSUD dr Mohammad Zyn Sampang, Selasa (12/10/2021) kemarin.

Bupati mengatakan, diresmikan penggunaan CT Scan ini juga diharapkan bermanfaat bagi masyarakat luas terutama tak perlu jauh lagi demi mendapatkan pelayanan kesehatan yang lengkap.

Lebih penting lagi, ialah masyarakat bisa mendapatkan pelayanan ini bahkan dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

“Memang rumah sakit kita ini sangat butuh peralatan canggih, supaya gak perlu jauh-jauh semisal mau periksa kesehatan jantung cukup di Sampang,” jelasnya.

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, alat CT Scan RSUD Sampang beserta sarana dan prasarana penunjang lainnya merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun anggaran 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSUD dr Mohammad Zyn Sampang Agus Akhmadi menuturkan, CT Scan adalah alat pemeriksaan medis lanjutan yang biasanya dilakukan untuk membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan pasien.

CT Scan menggunakan kombinasi sinar-X dan ultrasonografi untuk menghasilkan gambar penampang organ tubuh mulai dari kepala, dada, perut, lutut hingga tulang belakang.

“Hasil pemeriksaannya bisa direkonstruksi untuk keperluan diagnosa maupun tindakan medis yang akan dilakukan,” terang Agus Akhmadi.

Diakuinya, dengan alat CT Scan memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Sampang. Dirinya meminta seluruh petugas rumah sakit di Sampang untuk belajar kepada rumah sakit lainnya untuk diterapkan dan ditiru.

“Peningkatan kualitas pelayanan juga komitmen kami, bahkan sudah ada Motto yakni Rumah Sakit Daerah Pelayanan Swasta, bukan sekedar slogan melainkan penekanan ke seluruh petugas agar diterapkan saat bertugas,” ungkap dia.

Diketahui, launching alat CT Scan RSUD Sampang dihadiri Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Forkopimda, Ketua DPRD Sampang Fadol, Kepala Dinkes-KB Sampang dr Abdullah Najich, dan Direktur RSD Ketapang dr Juan Setiadi Zenniko.(Ryan/Zainol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Space Available | Kontak Kami

Pilihan Redaksi

- Advertisement -

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme