Aktivis Lingkungan Desak Pemkab Pamekasan Normalisasi Sungai

SWP audiensi ke Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan, Selasa (12/10/2021)
Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Aktivis lingkungan mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur segera melakukan normalisasi sungai sebelum musim hujan datang.


Hal itu mereka sampaikan saat menggelar audiensi ke Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan, Selasa (12/10/2021).


Ketua Sungai Watch Pamekasan (SWP), Moh Jatim mengatakan, pemerintah harus ektra menjaga kelestarian lingkungan salah satunya kebersihan sungai dari sampah sebab jika sungai banyak sampahnya maka akan berdampak buruk pada lingkungan.


“Sungai harus steril dari berbagai macam sampah biar lingkungan kita sehat dan bersih,” katanya, Selasa (12/10/2021).


Menurut Jatim, menjaga kebersihan sungai tidak hanya dengan tidak membuang samapah sembarangan, melainkan juga harus diikuti dengan normalisasi sungai oleh pemerintah.


“Normalisasi sungai harus segera dilakukan karena sebentar lagi musim hujan, namun tetap menjaga lingkungan tetap hijau dengan melakukan penanaman pohon,” tambah Jatim.


Sementara Ketua Komisi III DPRD Pamekasan, Ismail menyatakan akan mengawal ide cemerlang tersebut, sebab dengan demikian lingkungan akan senantiasa terjaga.


“Hal ini saya sangat setuju agar lingkungan kita bebas dari genangan air di saat musim hujan, normalisasi sungai semoga cepat dilakukan,” katanya.


Gagasan seperti ini, tambah Ismail, perlu didukung. “Terima kasih masukan teman-teman SWP,” sambungnya.


Sementara Plt. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Muharram mengatakan, langkah-langkah yang di inginkan oleh beberapa pemuda itu saat ini tengah di persiapkan. Salah satunya membersihkan beberapa sungai yang kerap kali meluap saat musim penghujan.


“Beberapa sungai yang kerap kali meluap sudah dilakukan langkah-langkah, mohon bantuan teman-teman untuk memberikan edukasi pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” katanya singkat.


Di akhir kegiatan, aktivis lingkungan SWP memberikan beberapa bibit pohon Kelapa Hibrida dan Bibit Bidara jenis Futsa, hal itu bertujuan sebagai tanda melestarikan lingkungan dengan menanam pohon.


Reporter: Ahmad Rifqi /Editor: Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here