Mobil Damkar Pemkab Sampang Tak Layak, Kerap Mogok Ketika Bertugas

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Dua unit pemadam kebakaran milik Pemkab Sampang diketahui dalam kondisi tak layak pakai. Namun kendaraan tersebut dipaksakan beroperasi meski sempat mogok di tengah jalan saat hendak menangani kebakaran.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Satpol PP Sampang Achmad Huzaini menjelaskan, unit pemadam tak layak pakai menghambat kinerja petugas untuk memberikan pelayanan. Meski begitu, pihaknya telah berupaya menyiasati kondisi tersebut.

“Karena tidak ada kendaraan lain terpaksa mobil tangki untuk angkut air itu dijadikan mobil Damkar, tinggal kita pasang alat penyemprotnya dari pada kekurangan,” ucap Achmad Huzaini, Senin (27/9/2021).

Ia menuturkan, dua unit mobil Damkar tak layak pakai tetap beroperasi agar tidak mengganggu terhadap pelayanan. Sejauh ini, pengajuan pengadaan unit belum bisa dilakukan karena terbatas anggaran.

Hanya secara rutin mobil tersebut tak luput diperiksa kondisi mesin sebelum ada panggilan darurat.

“Terkadang waktu berangkat menangani kebakaran tiba-tiba pulangnya gak bisa karena mogok, makanya kita selalu cek mesin setiap hari,” kata dia.

Pria akrab disapa Husen ini menerangkan, total mobil Damkar milik Pemkab Sampang sebanyak 6 unit, rinciannya 3 unit jenis Damkar dan 2 unit jenis tangki serta 1 unit jenis Damkar umum semua kejadian umum.

Tak hanya itu, 3 unit mobil Damkar keberadaannya tidak melekat di area Kota Sampang melainkan ada 1 unit berada di kawasan pantura Kecamatan Ketapang. Kendaraan tersebut hasil bantuan dana CSR.

“Jadi jumlah 2 unit jenis Damkar yang berada di kota ini tak layak pakai,” jelasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here