Angka Positif COVID-19 Pamekasan Naik, Penyekatan Terus Dilakukan

Petugas saat melakukan swab antigen terhadap pengendara yang melintas di Pamekasan. Foto : Budi Cahyono / WAG Pamekasan Hebat
Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Angka positif COVID-19 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur terus mengalami kenaikan. Sejumlah upaya dilakukan untuk menekan angka tersebut, salah-satunya dengan melakukan penyekaran yang hingga saat ini terus dilakukan oleh Satgas setempat, meskipun penyekatan di Suramadu sudah dihentikan.

Hingga saat ini, penyekatan masih terus digelar di pintu masuk Pamekasan, mengantisipasi masuknya orang luar Pamekasan bahkan warga setempat yang melintas di titik penyekatan tidak luput dari swab antigen.

“Kita tetap bertugas untuk melakukan penyekatan mengantisipasi melonjaknya positif COVID-18 di Pamekasan,” kata Anggota Satgas COVID-19 dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono.

Dikatakan Budi, dalam penyekatan yang dilakukan ada beberapa warga, baik warga luar Madura yang hendak masuk ke Pamekasan maupun warga setempat yang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen.

“Bagi yang dinyatakan positif, yang tanpa gejala kita sarankan isoman (isolasi mandiri), dengan catatan data disampaikan pada satgas setempat. Yang dari luar kota kita sarankan seperti di atas, data juga diteruskan ke satgas kabupaten setempat,” katanya kepada media ini. Minggu (04/07/2021) siang.

Sementara itu, saat ini angka positif COVID-19 Pamekasan terus mengalami peningkatan. Berdasarkan rilis Satgas COVID-19 Pamekasan, bidang informasi Arif Rachmansyah menuturkan, pertanggal (04/07/2021) sore, ada tambahan sebanyak 15 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

“Covid Baru: 1. MH 30th Batumarmar, 2. MR 33th Batumarmar, 3. AH 29th Pasean, 4. QA 30th Batumarmar, 5. M 27th Pasean, 6. MT 45th Kadur, 7. F 52th Kadur, 8. HA 29th Kadur, 9. S 35th Kadur, 10. FJ 37th Pamekasan, 11. H 28th Pamekasan, 12. AC 48th Pamekasan, 13. I 50th Pamekasan, 14. F 41th Pamekasan, 15. S 38th Pasean,” katanya kepada wartawan.

Sementara, kata dia, ada yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang, yakni 1. MKH 16th Pamekasan, 2. R 14th Pamekasan, 3. FH 32th Pamekasan, 4. ERD 31th pamekasan, 5. SRA 43th Pamekasan, 6. BAI 6th Pamekasan. “Untuk positif COVID-19 Meninggal 1 orang, S 38th Pasean,” urainya.

Dikatakan, total positif COVID-19 sebanyak 1383 orang dengan rincian, isolasi 136 orang, sembuh 1129 orang dan meninggal 118 orang.

Satgas COVID-19 Kabupaten Pamekasan yang dipimpin Bupati Pamekasan Baddrut Tamam terus melakukan upaya untuk menekan angka penularan virus tersebut. Selain membuat edaran tentang pembatasan kegiatan masyarakat yang mengundang kerumunan, Satgas juga mendorong agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan.

Bahkan, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam turun langsung, berkeliling dengan menggunakan kendaraan roda 4 mengumumkan kepada warganya agar terus menerapkan protokol kesehatan jika keluar rumah.

“Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan jika keluar rumah, tetap pakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan tetap jaga kesehatan,” ajak orang nomor satu di Pamekasan itu.

Selain itu, vaksinasi terus dilakukan secara massal. Petugas medis yang didampingi aparat keamanan dari 13 Puskesma diterjunkan untuk melakukan vaksinasi hingga tingkat desa dan kelurahan.

Seperti diketahui, saat ini seluruh rumah sakit rujukan pasien COVID-19 sudah dipenuhi pasien, bahkan RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan harus mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien.(Ist/Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here