Pemkab Sampang Hattrick Raih WTP

Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono menyerahkan predikat WTP kepada Bupati Sampang H Slamet Junaidi di kantor BPK Sidoarjo, Jumat (28/5/2021). (Ryan/MM).
Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang tahun ini kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Timur. Predikat tersebut diberikan kepada Pemkab Sampang atas laporan keuangan tahun 2020.

Catatan Media Madura, torehan predikat WTP tersebut bukan pertama kalinya bagi Pemkab Sampang. Melainkan hattrick atau ketiga kalinya sejak tahun 2018.

Penyerahan opini WTP diberikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Sampang Slamet Junaidi di kantor BPK Sidoarjo, Jumat (28/5/2021).

“Alhamdulillah, kita mendapatkan torehan WTP ini sudah ketiga kalinya berturut-turut,” ucap Bupati Sampang Slamet Junaidi.

Slamet Junaidi mengatakan, predikat WTP atas LHP BPK merupakan suatu hal yang patut disyukuri atas kerja keras semua pihak. Torehan tersebut sebuah prestasi yang luar biasa dan akan menjadi evaluasi atas kinerja agar dipertahankan dari tahun ke tahun.

Dengan begitu, tentu opini WTP berdampak terhadap penambahan dana insentif daerah serta bukti bahwa laporan keuangan daerah sangat baik.

Untuk itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Jawa Timur yang telah merampungkan proses audit dan komitmen bersama terhadap pertanggungjawaban selama Tahun Anggaran 2020.

“Dari beberapa rekomendasi yang dikeluarkan BPK akan kita penuhi, hal ini akan kami perkuat sistem akuntabilitas untuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran,” kata dia.

Pemkab Sampang Cetak Hattrick Opini WTP Dari BPK RI

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono.
SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur Sidoarjo, Jum’at (28/5/2021).

Torehan opini WTP tersebut merupakan raihan hattrick atau ketiga kalinya secara beruntun oleh Pemkab Sampang di bawah kepemimpinan H. Slamet Junaidi dan H. Abdullah Hidayat.

Hasil opini ini disampaikan langsung Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Sampang H Slamet Junaidi yang juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sampang Fadol, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan serta Inspektur Daerah dan Kepala BPPKAD Sampang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa opini WTP atas LHP BPK merupakan suatu hal yang patut disyukuri atas kerja keras semua pihak.

Hal tersebut menurutnya merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan akan menjadi evaluasi atas kinerja agar dipertahankan dari tahun ke tahun.

“Alhamdulillah, Opini WTP dari BPK juga akan berdampak pada dana insentif daerah, juga sebagai bukti bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sampang sudah baik,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Jawa Timur telah merampungkan proses audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang merupakan komitmen bersama terhadap pertanggungjawaban selama Tahun Anggaran 2020.

“Beberapa rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPK akan kita penuhi, hal ini akan kami perkuat juga sistem akuntabilitas untuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran,” ujarnya.

Bupati Sampang juga meminta OPD tidak berpuas diri dan diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja tertib administrasi dan laporan keuangan dengan baik sehingga setiap tahun opini WTP terus bisa dipertahankan di Kabupaten Sampang.

“Sinergitas antar OPD juga harus terus ditingkatkan sehingga program yang direalisasikan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Dalam penyerahan itu turut dihadiri Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan dan Ketua DPRD Sampang Fadol.

Fadil mengaku, mengapresiasi raihan opini WTP dari BPK RI kepada Pemerintah Kabupaten Sampang. Serta, ia juga berpesan agar seluruh rekomendasi dari BPK RI agar dipenuhi.

“Jika diskoring, Kabupaten Sampang tertinggi dari tiga kabupaten lainnya, opini WTP juga harus diiringi dengan program yang bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya. (Ryan/Arf)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.