Pemilik Tambang Galian C di Sampang Wajib Punya Ini, Jika Tak Mau Berurusan dengan Polisi

Tambang galian C (Dok/MM)

Sampang, (Media Madura) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sampang menyampaikan, tempat pertambangan galian type C (sirtu) harus memiliki lima Izin Usaha Pertambangan (IUP) sesuai dengan ketentuan dalam melakukan produksi.

“Kalau tidak memiliki lima izin itu secara otomatis tambang tidak boleh beroperasi atau menjual hasil tambangnya, pasti akan berurusan langsung dengan pihak berwajib karena sudah berstatus ilegal,” ucap Kabid Penataan dan Pengolahan Lingkungan DLH Sampang Moh Zainullah, Jumat (26/2/2021) kemarin.

Zainullah mengatakan, lima jenis izin usaha pertambangan tersebut antara lain, Izin Pertambangan Rakyat (IPR), Izin Wilayah Pertambangan (IWP), IUP Eksploitasi, Izin Lingkungan, dan IUP Produksi.

“Tetapi jika ingin galian C beroperasi, setidaknya perusahaan harus memiliki izin lingkungan terlebih dahulu termasuk disitu ada NIB, baru kemudian pemilik tambang berkomitmen memenuhi 5 syarat IUP,” tuturnya.

Menurut dia, dalam proses pengurusan izin usaha pertambangan masing-masing berbeda ada yang melalui pemerintah daerah, provinsi, dan Kementerian ESDM.

“Kita belum tahu apakah bisa atau tidak pengurusan izin tambang melalui sistem Online Single Submission (OSS), meski sekarang sudah ada sistem itu,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.