Waspadai Curah Hujan Tinggi di Sampang Sebulan Ini

Plt Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi. (Ryan/MM).

Sampang (Media Madura) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang mengingatkan masyarakat mewaspadai intensitas curah hujan di wilayah itu diperkirakan masih tinggi dalam sebulan mendatang.

Hal ini disampaikan Plt Kepala BPBD Sampang Muhammad Anang Djoenaidi Santoso.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Surabaya memprakirakan selama bulan Desember sampai Januari kedepan ada peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi sedang dan lebat disertai angin kencang.

“Seluruh Jawa Timur termasuk di Sampang ada intensitas curah hujan tinggi satu bulan kedepan, potensi curah hujan ini harus diwaspasdai karena dampaknya bisa menimbulkan banjir dan genangan air di jalan raya,” ucap Anang Djoenaidi, Selasa (8/12/2020) pagi.

Anang juga menuturkan, intensitas curah hujan lebih lebat akan terjadi pada pertengahan bulan Januari. Selain itu, intensitas curah hujan tinggi juga berpotensi menimbulkan bencana alam seperti pohon tumbang, rumah roboh akibat angin kencang, maupun tanah longsor.

Lokasi rawan bencana alam longsor terjadi di Kecamatan Kedungdung, Robatal, dan Karang Penang. Untuk wilayah banjir berada di wilayah Kota Sampang dan wilayah banjir baru terjadi di Kecamatan Jrengik dan Torjun akibat luapan air dari areal sawah.

BPBD Sampang menghimbau kepada masyarakat untuk waspada ketika terjadi hujan deras dan angin kencang agar tidak berteduh dibawah pohon serta berada di bangunan rentan roboh.

“Kami minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam jika curah hujan tinggi lebih baik mengungsi ke lokasi yang lebih aman, mohon diinformasikan kepada kami melalui pihak kecamatan apabila terjadi bencana,” ungkapnya.

Dia menambahkan, petugas kebencanaan juga melibatkan relawan, TNI, Polri, yang selalu siaga untuk melayani masyarakat wilayah Sampang guna cepat melakukan evakuasi dan pertolongan jika terjadi bencana alam.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.