Petani Pamekasan Akan Tanam Porang

Ajib Abdullah

Pamekasan, (Media Madura) – Sejumlah petani di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dipastikan akan menanam Porang pada musim tanam 2021.

Menurut Plt Kepala Dinas Pertanian, Ajib Abdullah, tanaman Porang atau bunga bangkai sudah dilakukan uji coba pada tahun 2020, dan hasilnya cocok dengan kondisi tanah di Madura, khususnya di Pamekasan.

“Uji coba penanaman Porang sebanyak tiga hektare di sejumlah kecamatan sudah dilakukan, hasilnya bagus,” katanya, Kamis (19/11/2020).

Dijelaskan Ajib, tanaman Porang itu memiliki nilai jual yang tinggi bahkan hingga ratusan juta. Masalahnya, petani Pamekasan masih banyak yang belum mengenal tanaman ini.

“Saat ini masih memenuhi kebutuhan ekspor Porang sebesar 5 persen. Artinya ke depan permintaan akan banyak,” tambahnya.

Ajib berujar, tanaman Porang ini bisa tumbuh di tanah sembarangan, artinya meski tanah yang jarang digarap bisa tumbuh subur. Pihaknya berharap, nantinya tanaman Porang ini terus dibudidayakan oleh petani di Bumi Gerbang Salam.

Untuk mendapatkan bibit Porang, petani bisa melalui kelompok tani di daerah masing-masing pada tahun 2021 mendatang. Pemerintah mendapat bantuan porang di lahan seluas 100 hektar dari APBN.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.