Dibuka Selama 3 Hari, Ini Syarat Pendaftaran Cabup-Cawabup Sumenep

Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan membuka pendafaran Cabup-Cawabup mulai tanggal 4 hingga 6 September pekan ini.

Sesuai peraturan KPU (PKPU) tentang revisi tahapan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi covid-19, pendaftaran paslon harus diumumkan selama 7 hari.

“Sesuai aturan itu, sudah kami umumkan sejak 28 Agustus kemarin,” terang Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil, Senin (31/8/2020).

-Advertisement-

Menurutnya, pendaftaran akan dibuka tiga hari pada jam kerja di Kantor KPU kecuali di hari terakhir sampai pukul 24.00 WIB. Setelah pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi.

“Setelah verifikasi, tahapan berikutnya adalah penetapan Cabup-Cawabup yang dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020,” imbuh Tanzil.

Ia menyebutkan, pada Pilbup Sumenep 2020 ini dipastikan tidak ada calon dari unsur perseorangan. Sehingga, hanya akan diikuti pasangan Cabup-Cawabup dari jalur Partai Politik.

“Persyaratan paslon Cabup-Cawabup yang diusung partai politik sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2020 tentang tata kerja KPU, minimal 20 persen dari total kursi atau kalau di Sumenep 10 kursi di DPRD pada Pemilu 2019,” jelasnya.

Ketentuan lainnya, sambung Tanzil, bagi calon yang tercatat sebagai ASN, TNI, Polri atau Kepala Desa, DPRD, DPD, dan DPRD, termasuk Kepala dan Wakil Kepala Daerah harus mundur dari jabatannya apabila ditetapkan.

“Setelah pendaftaran, KPU akan mengumumkan dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat,” tandasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.