Objek Wisata Swasta Sumenep Beroperasi, Disparbudpora: Resiko Tanggung Sendiri

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Bambang Iriyanto

Sumenep, (Media Madura) – Objek wisata di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang dikelola swasta sebagian sudah beroperasi seperti biasa, meski masih di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan destinasi wisata baru seperti Pantai e Kasoghi sudah ramai dengan pegunjung sejak beberapa pekan lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Bambang Iriyanto mengaku, sampai detik ini pihaknya belum mencabut larangan objek wisata buka.

Larangan tersebut berlaku tidak hanya berlaku untuk desnitasi yang dikelola pemerintah, melainkan juga berlaku untuk wisata swasta. Hal itu demi mencegah penularan virus corona.

“Sebetulnya kami masih belum mencabut larangan destinasi wisata dibuka. Tapi mereka sudah membuka sendiri, otomatis resiko ditanggung sendiri,” ungkapnya, Selasa (11/8/2020).

Namun begitu, pihaknya melakukan pengawasan terhadap tempat wisata yang sudah beroperasi itu. Meski sebetulnya pengawasan dalam hal ini harus dilakukan oleh tim Covid-19 Kabupaten Sumenep.

“Pemkab telah menyerahkan pengawasan ini pada kami. Ketika kami turun ke lapangan ternyata mereka sudah memenuhi syarat. Artinya sudah memenuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Di samping itu, selain telah memenuhi persyaratan sejauh ini timnya belum pernah mendapatkan aduan dari masyarakat terkait adanya pelanggaran prokes di destinasi yang sudah buka.

“Atas izin tim Covid-19 Pemkab kita turun mengecek ke lapangan, jadi tetap mereka memakai prosedur protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, untuk objek wisata yang dikelola Pemerintah seperti pantai Lombang dan Pantai Slopeng, kini tengah dalam proses dibuka lagi. Saat ini sudah diajukan Bupati untuk mendapatkan persetujuan.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.