Petani di Sumenep Disarankan Jangan Terlalu Banyak Tanam Tembakau

Bibit tembakau Madura (Dok/MM)

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengimbau petani tidak terlalu banyak menanam tembakau musim ini.

Pasalnya, salah satu pabrik yang biasa menyerap tembakau rajangan memastikan tidak akan membeli tembakau untuk tahun ini.

“Pabrik Bentoel (PT. Bentoel Prima) tidak akan mengambil, sudah mengirimkan surat ke kami,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dispertahortbun Sumenep, Rina Suryandari

Alasan pabrik tersebut tidak akan membeli tembakau tahun ini lantaran stok tembakau yang ada di Pabrik tersebut masih banyak.

Alasan lain, kata Suryandari, ada kebijakan dari pemerintah terkait kenaikan tarif cukai rokok. Sehingga pabrik tersebut tidak akan melakukan pembelian untuk tahun ini.

“Sementara yang pasti satu pabrik tidak akan melakukan penyerapan. Kalau pabrik yang lain belum ada kepastian,” tuturnya.

Suryandari menjelaskan, pihaknya memprediksi tembakau di Sumenep akan melebihi kapasitas. Dari itu ia mengimbau agar petani mengurangi penanaman tembakau.

Pihaknya khawatir, jika produksi tembakau melimpah sementara serapannnya rendah, harganya menjadi murah dan merugikan petani sendiri.

“Respon masyarakat ya bermacam, kita tetap sosialisasikan keadaan saat ini, yang kita jaga kan dari harga. Jika banyak petani yang menanam tapi anjlok, kan gimana,” ujarnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.