28 Warga Sampang Reaktif Covid-19 Hasil Rapid Test Massal

Petugas medis mengambil sampel darah pengunjung dan pedagang Pasar Srimangunan saat dilakukan rapid test massal pertama kalinya serentak di 4 titik pasar, Selasa (16/6/2020). (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyasar 4 titik pasar tradisional untuk melakukan rapid test massal dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang kini terus meningkat di Sampang.

Hasil sementara uji cepat itu terdapat 28 orang dinyatakan reaktif Covid-19. Puluhan orang ini berasal dari pengunjung pasar serta pedagang.

“Iya ada puluhan orang dinyatakan reaktif Covid-19 hasil rapid test massal di 4 titik pasar yang dilakukan hari ini,” ucap Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang dr Yuliono, Selasa (16/6/2020) siang.

Titik rapid test massal itu meliputi Pasar Srimangunan, Pasar Kedungdung, Pasar, Juklanteng, dan Pasar Rongtengah.

Yuliono menuturkan, pelaksanaan uji cepat massal ini pertama kali digelar dan dijadwalkan akan terus dilakukan hingga beberapa hari kedepan.

Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sampang menyiapkan 1.200 alat uji cepat untuk mengambil sampel darah pengunjung dan pedagang pasar.

“Kemungkinan hasil rapid test massal bisa bertambah, karena besok masih dilanjutkan, untuk hasil rapid test di Pasar Juklanteng ketemu besok,” terangnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang yang diterima Media Madura, hasil rapid test di Pasar Srimangunan ada 20 orang dinyatakan reaktif dari 220 orang dilakukan test.

Kemudian, di Pasar Kedungdung ada 5 orang reaktif dari 75 orang rapid test. Sedangkan, Pasar Rongtengah terdapat 3 orang reaktif dari 38 orang.

Sementara digelarnya rapid test massal di sejumlah pasar mendapat penolakan para pedagang maupun pengunjung. Mereka tampak ketakutan dan berusaha menghindari test massal.

Disisi lain, penyebaran virus Corona di Kabupaten Sampang per tanggal 16 Juni 2020 tercatat ada 70 orang terconfirm positif, dan 26 orang berstatus PDP, serta 518 berstatus ODP.



Reporter : Ryan
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.