Warga Pamekasan Diimbau Waspada Penyakit Diare, Ini Penyebabnya

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Ali Maksum

Pamekasan, (Media Madura) – Warga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diimbau agar mewaspadai menyebarnya bakteri yang menyebabkan terjangkitnya penyakit diare.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekaaan, Ali Maksum, sepintas penyakit itu memang sangat sepele, namun jika dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal, bahkan harus masuk rumah sakit.

“Penyakit diare itu penyakit yang sangat mengganggu,” katanya, Selasa (11/2/2020).

-Advertisement-

Penyebabnya, tambah Ali, akibat bakteri yang dibawa hewan sejenis lalat.

“Warga yang dekat dengan pasar kan biasanya banyak sayur, buah yang busuk atau dekat dengan orang yang membudidaya ayam, lalat itu senang hinggap ke barang itu atau ke kotoran ayam, makanya makanan di rumah harus ditutup rapat biar tidak ada bakterinya,” tambahnya.

Ali menyarankan, jika makanan dihinggapi lalat maka khawatir mereka membawa bakteri. Manusia akan mengalami mual-mual atau sakit perut yang mengakibatkan buang air besar lembek dan berair dengan frekuensi tinggi.

“Jika orang sudah diare maka ia dipastikan akan kekurangan cairan, karena setiap BAB ia mengeluarkan cairan dengan banyak,” tuturnya.

Solusinya, jelas Ali, bagi warga yang terkena diare, setiap kali BAB disarankan agar mengkonsumsi air masak yang sudah dingin dengan ukuran 200 milimiter.

“Minumlah air satu gelas setiap kali BAB, agar cairan yang keluar bisa tergantikan atau di setiap satu gelas di tambah dengan satu sendok teh gula dan garam sedikit,” tutup pria berkacamata itu.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.