Musim Haji 2020, Sumenep akan Berangkatkan 652 Jemaah

Jemaah haji Sumenep mengikuti manasik akbar

Sumenep, (Media Madura) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memastikan Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat musim haji tahun 2020 ini sebanyak 652 orang.

Bahkan saat ini, pihak Kemenag telah mengurus paspor mereka yang masuk dalam kuota pemberangkatan tahun. Jumlah paspor yang sudah terurus sebanyak 490 CJH.

“Paspor sudah selesai kami urus. Sengaja kami mengurus paspor lebih awal karena kadang agak lama. Ada yang datanya kurang valid dan kendala lainnya,” kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Muh. Rifai Hasyim, Rabu (5/2/2020).

Mantan Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) melanjutkan, pihaknya sudah menyampaikan kepada para jemaah yang masuk list berangkat ke tanah suci Mekkah tersebut.

“Saat diberi tahu mereka senang. Kami juga meminta mereka agar segera melunasi pembiayaan perjalanan haji,” terangnya.

Menurutnya, CJH yang akan berangkat tahun ini adalah yang mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011. Di luar tanggal tersebut masih menjadi daftar tunggu pemberangkatan berikutnya.

“Bagi yang mendaftar di luar tanggal 10 September 2011, maka harap sabar. Tahun depan pasti berangkat. Artinya tidak semua yang daftar tahun 2011, berangkat tahun ini,” ujarnya.

Selain pembuatan paspor, persiapan untuk musim haji 2020 telah dilakukan, salah satunya menggelar manasik haji secara mandiri, yakni para jemaah yang membiayai semua kebutuhan saat pelaksanaan manasik itu, bukan dari negara.

“Karena sifatnya mandiri, tidak ada paksaan untuk ikut manasik. Tapi kemarin yang ikut (manasik) sekitar 500 orang,” tandas Rifa’i.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.